Memasuki Galeri Seni House Of Sampoerna kita akan menikmati suguhan gemulai tarian Legong. Menariknya, tarian legong kali ini sudah tertuang dalam sebuah kanvas dimana merupakan hasil bidikan I Ketut Widiatmika fotografer asal Bali.

Tema yang diusung kali ini ialah “LEGONG LEGACY” dimana menampilkan sekitar 30 karya fotografi I Ketut Widiatmika. Foto foto tersebut mengambil obyek keindahan serta nilai estetis tarian asal Bali. Dan direncanakan dibuka pada tanggal 20 Agustus hingga 19 September 2010, mendatang.

Pameran foto ini merupakan rangkaian roadshow dari kota sebelumnya yaitu antara lain Jakarta, Yogyakarta dan Bali.

I Ketut Widiatmika menuturkan, “fotografi kini tidak lagi hanya sebuah fotografi belaka, namun telah menjadi bagian dari seni rupa,” kata Widiatmika saat jumpa pers kepada sejumlah wartawan, Rabu (18/08), Siang.

Tak melulu menampilkan keindahan ekspresi serta kualitas estetis namun Widiatmika juga menghadirkan nilai yang berhubungan dengan pemuliaan hidup pada masa lampau hingga saat ini. Hal tersebut nampak dengan editing yang serba hitam dan putih. “ karena memang Widiatmika lebih memilih menganut foto Salon, “ujar Rani Anggraini Manager Museum HOS.

Menurut Hardiman selaku kurator , “realita ini saya rasa masih diterima fotografer yang masih malu untuk mengenalkan karya fotografi ke gallery yang sering mengadakan pameran lukisan ataupun seni rupa lainnya,” imbuh Dosen IKIP Singaraja yang turut mendampingi Widiatmika di sela sela press konfres.

Sedangkan Ina Silas Manager House Of Sampoerna,” karya fotografi Legong Legacy ini disuguhkan secara apik dan hal tersebut merupakan suatu gambaran bahwa sang fotografer mencintai seni dan budayanya serta tradisi daerahnya sendiri,” tuturnya kepasda EastJava Traveler.

naskah dan foto : dhimas p