Suka film Eropa? Datang saja ke CCCL Surabaya. Karena pada bulan Nopember ini bakal digelar ‘Festival Film Eropa’ ke-4 di tahun 2010. Festival Film Eropa atau Europe on Screen (EOS) diselenggarakan di sejumlah kota di Indonesia sepanjang 29 Oktober hingga 30 November. Masing-masing di Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Banda Aceh.

Di Surabaya, EOS hadir pada tanggal 13 dan 14 November 2010. Festival film ini memutar total 40 film dan mengundang 25 film pendek Indonesia untuk diputar. Melalui EOS, diharapkan akan memperdalam dialog dan saling pengertian antara Indonesia dan Eropa. Festival terbuka untuk umum dan gratis. Semua film akan diputar dalam versi asli dengan teks bahasa Inggris.

Festival ini mencoba untuk menawarkan film-film dari negara-negara yang berbeda setiap tahunnya bagi publik kota Surabaya. Tahun ini kita akan menyaksikan film Spanyol, Inggris, Hongaria dan Portugal di CCCL selama 2 malam berturut-turut dengan berbagai genre. Seperti film berjudul POLIGAMY (Hungaria /komedi romantis), BRIDESHEAD REVISITED (Inggris/drama), O MISTÉRIO DA ESTRADA DE SINTRA/ THE MISTERY OF SINTRA’S ROAD (Portugal / petualangan) dan MATAHARIS (Spanyol / komedi). Beberapa di antara film ini memenangkan penghargaan festival film internasional. Info lengkap tentang Europe on Screen klik EuropeOnScreen.org

naskah : hendro d. laksono | foto : dok