Festival Fotografi terbesar dan pertama kali di Indonesia Timur digelar di Grand City Surabaya, mulai 26 Mei hingga 1 Juni 2014. Gelaran acara Festival Foto Surabaya (FFS) ini berisi ragam kegiatan foto, mulai dari lomba foto, hunting foto, seminar, workshop, kelas foto gratis, Photobook Day, hingga Pameran Foto yang melibatkan 270 fotografer Indonesia.

“Berbagai genre foto yang dipamerkan mulai dari foto Landscape, Modeling, Human Interest hingga foto BW dalam FFS yang bertema Fotografi untuk semua ini,” ujar Ketua Pelaksana FFS Mamuk Ismuntoro, saat membuka acara.

DSC_8684Tidak hanya pameran foto, dalam acara ini juga terdapat  berbagai serangkaian acara yakni seminar dan workshop mengenai seputar fotografi dan juga huntung dan lomba fotografi. Salah satu wartawan foto senior Yuyung Abdi juga turut meramaikan acara FFS 2014 dengan mengisi sebagai pembicara dalam Seminar dan Workshop Fotografi. Untuk lomba foto terdapat 4 kategori yakni Acara di Panggung FFS2014, Aktivitas di booth peserta FFS2014, Suasana dan aktivitas di Pameran Foto FFS2014, Suasana FFS2014 secara keseluruhan.

Duta Cak dan Ning Surabaya juga turut berpartisipasi saat pembukaan FFS 2014 sebagai penerima tamu . Menurut Cak Andrew sebagai Cak Suroboyo 2014, acara ini sangat menarik karena surabaya jarang ada pameran foto apalagi pameran foto yang besar seperti ini. “Lebih sering diadakan acara pameran foto ini minimal setiap tahun sekali, karena dengan adanya acara seperti ini dapat menarik wisatawan luar negeri untuk datang keIndonesia,” ujarnya.

naskah | foto : moch johan f