Festival Rafting Sungai Pekalen 2009 yang digelar untuk mencatat Museum Rekor Indonesia (MURI), berhasil diikuti 500 peserta dengan menggunakan 100 perahu karet. Even ini secara resmi dibuka oleh Bupati Probolinggo Drs H Hasan Aminuddin MSi, pada 4 April 2009 lalu di Base Camp PT Songa Desa Condong Kecamatan Gading, Probolinggo.

Acara yang digelar dua hari itu merupakan sinergi antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur dengan Kabupaten Probolinggo dan PT Songa Alam Lestari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur Dr Harun MSi MM dalam sambutannya mengatakan, saat ini arung jeram (rafting) semakin digemari oleh masyarakat. Hal ini menjadi sebuah bukti bahwa masyarakat melirik dunia petualangan yang bersifat rekreatif. “Karenanya, perlu diupayakan langkah-langkah kongkrit untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat dan menumbuhkan lapangan kerja,” tegas Harun.

Karenanya, masyarakat Kabupaten Probolinggo boleh berbangga, karena disamping bersejarah, festival rafting yang menyediakan 102 perahu karet dengan 510 orang pengikut wisata petualangan arung jeram ini, ditambah sekitar 200 orang tim rescue, telah tercatat sebagai rekor baru dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sehingga para pencinta rafting pun datang, dan menjajal jeram godbless salah satu jeram terindah di antara puluhan jeram yang ada. Kehadiran ribuan orang dari berbagai penjuru ini tentu mendatangkan manfaat pula bagi masyarakat sekitar.

naskah : m.ridlo’i | foto : wt atmojo