Menikmati pantai dengan riak ombak yang tenang disertai suguhan Hamparan pasir putihnya yang lembut adalah pengalaman yang menyenangkan. Suasana seperti itu disuguhkan Pantai Dalegan yang letaknya ada di perbatasan kabupaten Gresik dengan Lamongan.

Ke arah Barat Kota Gresik, sekitar 40 km, tepatnya di Kecamatan Panceng, bibir laut seluas 1 km tersebut menawarkan panorama pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut. Tak hanya itu, di jalan masuk menuju pantai juga menyuguhkan pemandangan bukit kapur (karst) yang menawan. Tempat wisata tersebut kini dikelola oleh Pemkab Gresik. Hanya dengan tiket masuk seharga Rp 2500, pengunjung sudah bisa menikmati panorama di WISID (Wisata Segoro Indah Dalegan).

Saat pertama menginjakkan kaki di pasir putih Dalegan, kelembutan butiran pasir langsung menggoda untuk segera bermain, seperti membuat istana, atupun mengubur diri dengan pasir lembut Dalegan. Tak cukup itu saja, berenang di tepi pantai bersama riak ombak yang kecil juga ditawarkan di sini. Bagi yang membawa anak, ada pula warga sekitar yang menyewakan Ban pelampung. Di Pantai itu juga banyak ditemui ubur-ubur. Konon katanya, sebelum Pantai Dalegan dijadikan tempat wisata, pantai tersebut adalah tempat menjemur ubur-ubur oleh warga sekitar.

Setelah puas bermain pasir putih dan berenang di pantai, deretan warung dengan Gazebo yang menghadap ke pantai siap melayani untuk menghabiskan sore di Dalegan. Menikmati Sore di Pantai Dalegan merupakan hal yang tak terlupakan, selain panorama pantainya, disisi barat Pantai ini juga terdapat bebatuan karang berukuran besar menjorok ke laut. Ditambah suasana hangat sore hari, diiringi hembusan angin pantai melengkapi kepuasan berwisata ke Pantai Dalegan.
naskah/foto : frannoto