P1040941Indonesia adalah negeri yang kaya kan hasil buminya yang melimpah. Tak hanya itu, budaya Indonesia banyak tertuang dalam cerita rakyat, legenda, dan mitos, yang berangsung lama hilang dari ingatan generasi muda.

Salahsatunya upaya untuk mengingat dan mengajak kembali mencintai budaya yang ada, Rio Motret bersamaan dengan 10 tahun berkarya, mengadakan pameran tunggal fotografi dengan sebuah mahhakarya bertajuk ‘Alkisah’ pada 2 sampai 8 November 2015, di Oval Atrium, Ciputra World Surabaya (CWS).

P1040910Dalam mewujudkan mahakarya dengan konsep mengangkat cerita rakyat ini, fotografer langganan para artis Rio Motret bekerja sama dengan 100 pekerja seni lain. Seperti aktor, aktris, penyanyi, presenter, fashion designer, fashion stylish, make up artist, dan hair stylist Indonesia.

Tujuh belas cerita rakyat telah diramu menjadi karya fotografi high fashion yang menceritaka kisah-kisah penuh hikmah, dengan pendekatan modern. Sebut saja cerita Bawang Merah dan Bawang Putih, Jaka Tarub, Malin Kundang, Kisah Wayang Pandawa Lima, cerita Mistsis Nyai Roro Kidul, dan lainnya.

Even ini diselenggarakan untuk mengajak kembali generasi muda mengingat kekayaan budayanya, yang tak kalah unik dan mewahnya dengan cerita-cerita barat yang diusung ke layar lebar.

“Pameran fotografi ini bertujuan untuk mengenalkan kembali kepada generasi muda cerita-cerita rakyat di Indonesia, sekaligus menyadarkan mereka bahwa cerita rakyat kita, tidak kalah bagus dan uniknya dengan cerita yang dibangun disneyland, seperti cerita Cinderella,” tutur Rio Motret.

Selain pameran fotografi yang akan berlangsung, even kali ini juga akan dimeriahkan dengan kehadiran Titi Dj yang akan menghibur pengunjung, serta fashion show rancangan Ivan Gunawan.

naskah dan foto : pipit maulidiya