Menginjak 20 tahun edisi Festival Sinema Prancis 2015, Institute Français Indonesia (IFI) didukung oleh Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Surabaya Town Square XXI, Independen Film Surabaya dan Jeje Radio, menggelar berbagai even pemutaran film di sejumlah kota di Indonesia.

Festival kali ini akan berlangsung terlebih dahulu di Jakarta (3/11 sampai 9/11), kemudian disusul sembilan kota lain seperti, Surabaya, Bali, Balikpapan, Bandung, Jogjakarta, Jombang, Makassar, Malang dan Medan (4/11 sampai 9/11).

Even tahunan kali ini, hadir serentak dalam tiga program, yaitu Panorama, Fokus dan Kompetisi Film Pendek. Program Panorama diisi dengan pemutaran film Prancis di tujuh kota diantaranya Jakarta, Bali, Balikpapan, Bandung, Jogjakarta, Medan, dan Surabaya. Sebanyak delapan film Prancis terbaru dari berbagai genre (drama, komedi, action, thiller dan animasi) berkualitas internasional akan ditampilkan.

Sementara pada Program Fokus, akan didedikasikan bagi kolaborasi simatografi antara Prancis dan Indonesia, melalui film garapan koproduksi Prancis-Indonesia, seperti Sang Penari, The Mirrong Never Lies, Berbagi Suami, The Photograph dan Garuda Powe: The Spirit Wuthin.

Program Fokus juga berlangsung di Jakarta, Bali, Bandung, Jogjakarta, Jombang, Makassar, Malang dan tentunya Surabaya. Selain pemutaran film, akan disediakan ruang diskusi dengan mendatangkan tamu internasional, Bastian Meiresonne Sutradara Garuda Power : The Spirit Within, juga sutradara lainnya.

Dan terakhir, yaitu Kompetisi Film Pendek. Program ini bisa dibilang sebuah batu loncatan bagi para sineas muda Indonesia, yang ingin mengembangkan kariernya ke dunia Internasional.

Sebanyak delapan film yang lolos sebagai finalis tahun ini, akan diputar sebelum pemutaran film Program Panorama. Pemenang akan diumumkan tanggal 6 Desember saat penutupan Festival Sinema Prancis 2015 di Jakarta nantinya.

Sebagai info, Tiket film program Panorama dapat diperoleh di kantor IFI Surabaya mulai tanggal 25 November – 3 Desember 2015, seharga Rp 35 ribu. Atau di SUTOS XXI saat berlangsungnya festival. Tarif khusus untuk siswa/member IFI Surabaya, dengan menunjukkan kartu adalah Rp 30 ribu berlaku hingga 2 Desember. Untuk jadwal pemutaran film, dapat disimak lewat www.ifi-id.com.

naskah dan foto : pipit maulidiya