Even balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 dipastikan siap digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 11-14 Mei mendatang. Penyelenggaraan even tahunan wisata olahraga (sport tourism) ini diadakan sebagai upaya promo pariwisata Banyuwangi, sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Program Pesona Indonesia sendiri, tahun ini mentargetkan 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan even sport tourism ITdBI yang memasuki tahun ke-5 ini dampaknya telah dirasakan langsung oleh masyarakat dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

Karena kegiatan ini juga berdampak pada membaiknya kejahteraan masyarakat melalui kegiatan pariwisata yang diperlihatkan dengan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat Banyuwangi, dari Rp 20,8 juta per orang/tahun pada 2010 menjadi Rp 38 juta per orang/tahun pada 2015. Artinya, upaya yang dilakukan selama ini memberikan kenaikan signifikan hingga 62 persen.

Direct impact dan media value dari even sport tourism internasional, kata Arief Yahya, menjadi salah satu alasan mengapa Kemenpar gencar mendorong kegiatan wisata olahraga di tanah air. Seperti Tour de Singkarak (TdS), Tour de Bintan (TdB), Tour de Flores (TdF), Musi Tributon, Jakarta Marathon, maupun sebagi tuan rumah penyelenggaraan ajang olahraga internasional MotoGP 2017 dan Asia Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

foto : dok pemkab banyuwangi