Menikmati pasar malam dengan suguhan suasana tempo dulu sembari berburu kuliner khas Jawa Timur adalah hal yang jarang ditemui. Kini, di Surabaya, suasana seperti itu ditawarkan dalam even Pasar Malem Tjap Toenjoengan yang digelar di pelataran valet parking barat Tunjungan Plaza.

Even tersebut berlangsung dari tanggal 1 hingga 15 Mei mendatang, dan mulai bergeliat pada pukul 5 sore hingga 10 malam. Di sana tersedia berbagai macam stand yang menjual aneka ragam pernak – pernik khas Surabaya serta masakan Nusantara, dan makanan khas Jawa Timur.

Beberapa stand makanan khas Surabaya yang terkenal seperti Gado-gado Arjuno, Sate Pak Brewok dan Semanggi Suroboyo siap melayani pengunjung pasar malem. Bagi warga Surabaya yang ingin bernostalgia dengan suasana tempo dulu sambil menyantap Rujak Cingur ataupun Semanggi yang notabene adalah makanan khas dari Surabaya, di sanalah tempat yang cocok dan wajib dikunjungi.

Setelah puas berburu kuliner, di sana terdapat rumah bergaya joglo tempo dulu yang digunakan sebagai panggung hiburan. Beberapa hiburan musik keroncong dan penampilan ketoprak, ludruk dan sulap dapat dinikmati sambil duduk beralaskan tikar anyaman bersama kerabat atau keluarga.

Pasar Malem Tjap Toenjoengan merupakan even rutin tahunan yang digelar di Surabaya. Tahun ini, adalah even ke 3 yang digelar ditempat yang sama. Dengan adanya even menarik itu, warga Surabaya setidaknya bisa sejenak refresh dan bernostalgia dengan suasana tempo dulu.

naskah/foto : frannoto