Beauty In Diversity adalah tema yang diambil dalam ajang bergengsi pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2009, yang dilaksanakan di Gramedia Expo pada tanggal 21 Maret 2009 dimendatang.

Keanekaragaman budaya Jawa Timur yang tercermin dalam baju daerah, tarian dan budaya dari 38 Kabupaten Kota di Jatim. Diwakili oleh 38 pasang peserta yang terseleksi dari Kabupaten Kota, yang dikirim ketingat Propinsi untuk ikut serta dalam ajang pemilihan duta wisata Jawa Timur.

“Untuk mengikuti ajang ini, peserta harus memiliki surat rekomendasi dari Kabupaten kota. Dan memali proses seleksi di tingkat Kabupaten Kota terlebih dahulu,” kata Rusmiati, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Jatim.

Selain itu, menurutnya, pariwisata dan budaya itu seiring sejalan. Duta wisata yang terpilih nantinya, selain membangun dan memperkenalkan pariwisata Jatim juga mengemban misi kebudayaan Jawa Timur di tingkat nasional.

Sebelumnya seluruh peserta yang mewakili 38 Kabupaten Kota, diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tes pada saat karantina, yang diadakan di Hotel Tretes Raya pada 17 Maret hingga 21 Maret 2009. Tujuan pemilihan Raka Raki 2009 ini, adalah untuk memberdayakan generasi muda dalam membangun sektor pariwisata dan memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Jawa Timur.

Pada saat grand final nantinya, selain meresmikan Duta Wisata Jatim 2009. Acara ini juga dihadiri sepuluh duta wisata dari propinsi lainnya di Indonesia. Dewan juri yang menilai terdri dari unsur DPRD Jatim, insan pariwisata, modeling, Perguruang Tinggi dan pengamat sosial budaya.

Tahapan penilaian ini dimulai sejak karantina hingga grand final nanti, yang akan diselenggarakan 21 Maret 2009 di Gramedia Expo, Surabaya. Pemilihan Duta Wisata 2009 ini, akan memperebutkan gelar Raka Raki 2009, Wakil Raka Raki 2009, dan Juara Harapan. Selain itu Juara Persahatan yang dipilih oleh sesama peserta dan Juara Favorit yang dipilih melalui SMS.

naskah : shiska pradibka | foto : wt atmojo (dok)