Pameran Handycraft Surabaya hadir kembali. Kali ini bertempat di Atrium Lt. LG ITC Mega Grosir, 1-5 April 2009 lalu. Dalam pameran ini terdapat 30 stand yang menawarkan berbagai hasil kerajinan, baik hasil olahan dari sampah kering, maupun kerajinan bunga kering, bahkan seni batik.

“Acara Ini merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2007 yang melibatkan kerjasama antar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Deperindag) dengan Dewan Kerajinan Nasional Surabaya (Dekranasda),” ujar Tjahjani Retno Wilis, Ketua Dekranasda.

Beberapa acara yang dapat ditemui dalam pameran ini, fashion pesta baju batik dengan kategori usia 5-13 tahun, 6 – 10 tahun, 11- 14 tahun, dan kategori usia 15 – 20 tahun. Selain itu, ada juga juga Workshop Membuat Batik Bermotif (Tie Dye).

Menanggapi acara ini, Arif Afandi, Wakil Walikota Surabaya mengatakan, Pameran Handycarft Surabaya merupakan salah satu bentuk upaya menjaga tradisi. “Dan bukan tak mungkin, lewat acara berskala regional ini, handycraft kita bisa go international,” tukas Arif.

naskah dan foto : dhimas prasaja