Angkringan sego kucing tentunya sangat familiar di telinga kita. Kuliner pinggiran khas Jawa Tengahan ini dikenal sebagai kuliner unik karena porsinya yang sedikit. Berbeda dengan kebanyakan sego kucing, Sego Kucing milik Mas Yasin dan rekannya yang ada di Kota Batu ini sebelum disajikan dibakar dahulu, sebagai sebuah inovasi baru.

Warung kecil ini menyediakan tiga macam nasi sebagai menu utama, nasi ayam pedas, nasi ayam tanpa pedas, dan nasi bandeng pedas. Di setiap bungkus nasi, daging ayam dan ikan bandeng diiris tipis dicampur dengan sambal. Berbagai macam lauk pun tersedia untuk menemani sajian nasi kucing, seperti tahu tempe, ceker ayam, kulit ayam, sayap ayam, kepala ayam, dan ayam pedas rica-rica. Untuk lebih menggugah selera, nasi dan lauk dapat disajikan dengan dibakar terlebih dulu.

Nasi yang dibakar memberikan aroma dan rasa tersendiri. Selain lebih hangat aroma daun pisang dan asam arang yang meresap menambah citarasa unik dalam nasi. Begitu juga dengan lauknya, setelah dibumbui dan dibakar, terasa sedikit rasa manis dan pedas yang menggugah selera.

Bagi Anda pecinta kuliner pedas tentunya sangat cocok untuk mencoba sego kucing bakar ini. Tak perlu merogoh kecek dalam-dalam, anda dapat menikmati sebungkus nasi kucing bakar hanya dengan Rp 2.000. Bermacam lauk pauk pelengkap dijual dengan kisaran harga Rp 1.500 – 3.000.

Berpusat di Jalan Panglima Sudirman, Batu, sego kucing kini telah membuka dua cabang. Yang pertama di Jalan Raya Beji dan di Jalan Agus Salim di depan SMP 1 Batu. Rasa pedas yang khas ditambah dengan hangatnya nasi dan lauk bakar menjadikan kuliner unik khas rakyat ini sebagai menu penghangat suasana.

naskah/foto: arif furqon