Kota Batu mulai bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi. Tempat wisata mulai dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Kunjungan wisatawan kian meningkat.

Saat menghadiri Konferwil Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI Jatim) di Hotel Ciptaning Ati, Kota Batu, Wali Kota Dewanti Rumpoko mengungkapkan kunci keberhasilan pemulihan ekonomi.

Tidak bisa dipungkiri pada awal Covid-19, sektor wisata sebagai penopang utama sempat terpuruk habis. Namun kini perlahan kembali bergeliat.

Namun, siapa sangka jika tersebut berkat suntikan semangat Gubernur Jatim Khofifah.

Karena keyakinan dan keberanian Khofifah, Kota Batu berani mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang namun tetap menggunakan protokol kesehatan. Salah satunya, tempat wisata mulai dibuka.

“Berkat masukan Gubernur Jatim yang meyakinkan kami kepala daerah. Karena beliau setiap minggu berkunjung ke daerah-daerah gowes akhirnya kekhawatiran kami lama-lama terkikis dan alhamdulillah memang benar,” katanya saat menghadiri Konferwil AMSI Jatim di Hotel Ciptaning Ati, Sabtu (24/10/2020).

“Pada bulan Juli gubernur memberi penguatan bahwa kita tidak akan bisa terus hidup seperti ini. Akhirnya bismillah. Terus terang ketika kami meminta tempat wisata untuk buka, mereka semua ragu,” tambahnya.

Memasuki Oktober, angka kunjungan wisatawan pada akhir pekan minimal mencapai 1000 orang.

“Alhamdulillah kekuatan gubernur menyemangati kami,” jelasnya.