Pusat kebudayaan Perancis Jalan Darmokali 10, Surabaya selalu memiliki cara untuk memanjakan masyarakat Surabaya. Kali ini dengan memamerkan karya seniman muda asal Paris dengan tema instalasi ”Tisu” yang berlangsung pada 6 hingga 28 juli 2010.

Melalui media tisu itu Julie Bena, 28 tahun, mewujudkannya dalam sebuah foto. ” total foto semua yang saya miliki ada sejumlah seratus,” katanya dalam pers konferences di CCCL (5/7).

Kedatangannya di Indonesia merupakan yang pertama kalinya. ”Baginya tisu sangat berguna sekali untuk dijadikan sebuah media dalam sebuah seni utamanya seni kontemporer,” jelas Pramendha Krisna Atase pers CCCL.

Jika dilihat memang biasa foto tisu dari Julie itu. Pigura dengan berbagai macam ukuran tersebut juga di tata apik pada lantai ruang pameran utama CCCL (Centre Culturel et de Coorporation Linguistique). Namun, jika diamati lebih seksama foto foto yang ada pada dinding CCCL tersebut memang akan berbentuk sebuah instalasi sebuah bentuk bangunan serta menara menara.

”Bagi saya sendiri bentuknya unik dan itu sangat alami,” ujar alumnus Academic Royale de Brussels, Belgia ini kepada EastJava Traveler. Dirinya menambahkan perlu sebuah penghayatan yang cukup lama untuk mengambil foto yang dituangkan dalam sebuah foto.

Taufik salah satu penikmat seni mengatakan karya ini tidak mudah untuk dipahami karena semua orang memiliki pemaknaan yang berbeda beda.

naskah dan foto : dhimas p