Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur kembali menggelar Indonesia Offroad Competition (IOC). Even jelajah alam bareng offroader ini diadakan di Wana Wisata Cuban Talun, Kota Batu, pada 2 – 4 April 2010.

Selain untuk jelajah alam, even ini juga menjadi ajang kompetisi bagi offroader seluruh Indonesia. Pesan yang tersampaikan adalah untuk mengajak offroader yang berkompetisi di IOC 2010 agar lebih mencintai alam. Seperti yang disampaikan Kadisbudpar Jatim Drs Djoni Irianto MMT usai pembukaan IOC 2010 di Pendopo Pemerintah Kota Batu, Jum’at (02/04). “Mari sama-sama menjaga kelestarian alam, jangan hanya memakainya sebagai lokasi offroad,” katanya.

Menurut Djoni, sesuai dengan tema “Melalui Indonesia Offroad Kompetition 2010 Kita Sukseskan Wisata Adventure dan tahun Kunjungan Wisata di Jawa Timur”. IOC ini bertujuan menjadi wadah bagi pencinta olahraga offroad di Indonesia, agar tertarik berkompetisi di Jawa Timur dan menjadikan even ini sebagai even tahunan. “Ini juga untuk meningkatkan peran organisasi masyarakat profesi untuk mempromosikan potensi daya tarik wisata dan peduli terhadap lingkungan. Untuk mensukseskan kegiatan ini kami menggandeng Pemkot Batu dan Mustang Interprice,” imbuhnya.

Sebanyak 75 peserta yang berasal dari beberapa kota di Indonesia seperti Jogjakarta, Jakarta, Kalimantan, Surabaya, dan Bali ini untuk memperebutkan piala bergilir IOC dan piala tetap Gubernur Jatim. Untuk juara I dan II masing-masing akan mendapatkan satu kendaraan offroad 4×4. Sedangkan juara III hingga X mendapatkan sepeda motor dan hadiah lainnya.

Kegiatan Sosial
Selain lomba, selama tiga hari para peserta juga melakukan beberapa kegiatan yakni Pemberian bantuan sembako 200 paket, penanaman pohon produktif seperti nangka, belimbingn dan mahoni sebanyak 200 bibit, serta pemeriksaan atau pengobatan mata dan umum bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 400 orang di wilayah Kawasan Wisata Cuban Talun, Kota Batu. Kegiatan sosial dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Jatim, Disbudpar Jatim, Pemkot Batu, sponsor, dan peserta offroad.

Dalam kesempatan ini, Walikota Batu Edi Rumpoko mengatakan, dengan diadakannya IOC 2010 di Cuban Talun ini, Kota Wisata Batu bisa lebih dikenal. Karena peserta IOC ini dari berbagai daerah di Indonesia. “Nanti setelah pulang dari Batu, peserta offroad bisa mengabarkan ke teman atau sanak saudara, jika di Batu cocok untuk tempat berwisata. Dengan begitu, jumlah wisatawan ke Batu akan semakin meningkat,” katanya.

Edi Rumpoko juga mengatakan, peserta offroad jangan hanya melihat hadiah yang akan diterima, tapi melihat kesan selama ada di Kota Wisata Batu. Menurutnya, wisata advanture yang ada di Cuban Talun ini sangat cocok untuk menguji adrenaline para pecinta offroad.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dalam sambutannya di Wana wisata Cuban Talun mengatakan dengan ajang Offroad ini diharapkan mampu menambah cinta kita kepada alam, dengan cinta kepada alam kita akan semakin mengenal karakter alam disekitar kita sehingga kita akan mengerti cara mengelola alam dengan baik.
naskah|foto : wt atmojo