PicsArt_11-14-09.17.12
Selain menjadi bagian terpenting perekonomian masyarakat kota, pasar tradisional memiliki daya tarik tersendiri yang diharapkan mampu bersaing dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), pada 30 Desember 2015 mendatang.

Keberadaan pasar tradisional di Surabaya tidak terlepas dari keunikan dan karakteristiknya masing-masing, seperti beberapa pasar tematik yang menonjolkan produk tertentu misalnya pasar bunga Kayoon, pasar ikan Pabean, Pasar Blauran, Pasar Atom, Pasar Genteng, dan Pasar Bibis. Selain berfungsi sebagai pusat belanja, pasar-pasar tematik tersebut saat ini juga ditujukan sebagai tempat wisata. Mengingat keberadaannya sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Melalui program tematik tur Surabaya Heritage Track (SHT) ‘Nang Pasar yok!!’ yang diadakan selama tanggal 08 Desember 2015 – 10 Januari 2016, trackers diajak untuk melihat beberapa pasar di Surabaya. Seperti, Pasar Pabean (berdiri pada tahun 1918) yang dikenal sebagai sentra perdagangan ikan, rempah dan bahan pangan. Pasar Atom (sejak tahun 1950-an) dengan akulturasi budaya dan interaksi sosial yang sangat kental. Pasar Blauran dengan berbagai kuliner khas Surabaya yang disajikan. Pasar Genteng (tahun 1872)yang dikenal sebagai sentra penjualan barang elektronik, dan Pasar Kayoon yang dikenal sebagai pasar bunga.

Mengunjungi pasar-pasar tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan kepercayaan masyarakat terhadap pasar tradisional. Tur tematik SHT diselenggarakan pada periode-periode tertentu guna memperkenalkan sejarah Surabaya serta berbagai bangunan kuno namun memiliki nilai sejarah tinggi. Tur SHT dapat dinikmati oleh wisatawan secara cuma-cuma. Melalui berbagai tur SHT tracker tak hanya dapat menikmati berbagai bangunan cagar budaya, namun juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Sebagai info, berikut jadwal Tur Tematik :

SHT Theme Tour “Nang Pasar yok!!”
Weekdays
Jadwal: Selasa – Kamis, 8 Desember – 10 Januari 2016
Waktu : 15:00– 15:30 WIB
Pemberhentian:
– Pasar Pabean
– Pasar Atom

Weekend
Jadwal: Jumat – Minggu, 8 Desember – 10 Januari 2016
Waktu : 15:00– 15:30 WIB
Pemberhentian:
– Pasar Blauran
– Pasar Genteng
– Pasar Bunga Kayoon

Klinong-Klinong nang Suroboyo: “Nang Pasar yok!!”
Jadwal: Minggu, 13 & 20 December 2015
Waktu : 07:00 – 09:00 WIB
Pemberhentian:
– Pasar Jembatan Merah
– Pasar Bibis
– Pasar Bong
– Pasar Pabean

Ada baiknya jika anda datang lebih awal sebelum jam pemberangkatan. Ini mengingat, pengunjung harus melakukan pemesanan tiket yang terbatas untuk 25 kursi saja.