Terinspirasi dari Cross Country (XC Cycling) yang cukup populer di kalangan pecinta extreme sport, dan sudah diperlombakan sejak tahun 1996 di ajang extreme olympiade. Taman Safari II Prigen Jatim menggelar event bertajuk “Safari Wild Cycling 2015”.

Pada Minggu, 25 Oktober mendatang, sekitar 1000 peserta diperkirakan akan saling berkompetisi menjajal tatangan ekstrim yang dimiliki Taman Safari Indonesia II. Persisnya yang sudah dikenal memiliki medan terjal pada ketinggian rata-rata 500 mdpl.

Event yang sarat dengan kecepatan dan ketangguhan fisik ini memberikan wadah bagi para komunitas dan pecinta XC Race untuk mencoba rute liar, menantang namun juga tetap menyenangkan.

Acara akan dipusatkan di Area Taman Safari Indonesia II dan akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Beberapa rute harus dilalui peserta, untuk memenangkan kompetisi. Seperti rute tanjakan (uphill), turunan (downhill) dan area satwa Taman Safari Indonesia II.

Yang spesial dari rute ini, peserta akan melalui 70 persen rute offroad termasuk jalur bukit Naga di lereng Gunung Arjuna, dan 30 persen rute on road. Sedang total jarak yang ditempuh sepanjang kurang lebih 15 km.

Selain kemeriahan kompetisi extream, even yang didukung United Bike ini, juga akan mengajak para pecinta XC racer untuk mengenal alam Jawa Timur. Terutama di kawasan Prigen, dan lebih dekat mengenal satwa yang berada di area konservasi Taman Safari Indonesia II.

Nantinya, para peserta XC Racer akan melewati area satwa yang tidak biasa, seperti Kawasan Satwa Asia TSI II Prigen, melakukan on road cycling di rute area satwa banteng, macan tutul, buaya dan beruang.

Soal keamanan peserta, Taman Safari Indonesia II telah menyiapkan puluhan staff ahli untuk menjaga keselamatan peserta selama melewati rute-rute ini. 100 finishers pertama akan mendapatkan medali khusus Safari Wild Cycling 2015.

Peserta Safari Wild Cycling 2015, dapat mendaftarkan diri hanya dengan Rp 250 ribu/paket dan akan mendapatkan Jersey, biaya asuransi, doorprize, refreshment dan tiket masuk Taman Safari Indonesia II. Menariknya lagi, peserta akan dimanjakan banyak hadiah yang bisa didapatkan para peserta, yakni 8 unit MTB Bike, uang tunai total Rp 10 juta, Android smartphone dan juga voucher Taman Safari Indonesia II Prigen.