Pemerintah Propinsi Jawa Timur kembali menggelar pesta tahunan,Jatim Fair 2012, merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian perhelatan akbar dalam rangka menyambut hari jadi Jawa Timur yang ke-67. Begitu banyak hiburan dan juga pameran cenderamata,kuliner hingga kebutuhan tersier. Lokasi Jatim Fair kali ini tidak jauh berbeda dengan Jatim Fair ditahun sebelumnya yang bertempat di Grand City Mall,Surabaya.

Jatim Fair yang dilaksanakan mulai tanggal 5 hingga 14 Oktober 2012 atau selama sepuluh hari ini sungguh bertabur bintang. Bagaimana tidak tim panitia telah menyediakan 10 bintang tamu dalam 10 hari, di antaranya Naif, Sheila on 7, Maliq n D’essentials, Ari Lasso, PAS Band, Shaggydog, Endah n Rhesa, Tony Q,Zigaz dan Andra n The Backbone.

Selain ke sepuluh bintang-bintang papan atas Indonesia ini panggung Jatim Fair juga dimeriahkan oleh band-band Indie di Jawa Timur seperti Prinz, El-Minor,Synonym, Verde, dan band-band Indie lainnya. Dari puluhan band-band Indie tersebut ada yang Istimewa dan berbeda yang terdapat pada Generasi Band,karena band Indie yang satu ini berpesonilkan orang-orang yang memiliki cacat fisik,namun dalam segi performa mereka tidak seperti orang yang memiliki kekurangan fisik. Animo masyarakatpun semakin membludak memenuhi panggung utama Jatim Fair untuk melihat secara langsung sang idola.

Selain hiburan di panggung utama,di panggung lantai 3 Grand City hall terdapat pula berbagai hiburan salah satunya yakni Stand Up Comedy yang sedang marak digandrungi oleh masyarakat tanah air. Selain di panggung-panggung hiburan juga terdapat Wahana permainan seperti Trampolin, Twintail, Safari Train, Becak, Sepeda Tandem, Bola Air, Skuter Matic dan yang paling memacu adrenalin yakni Euro Bungee. Seluruh permainan ini tiketnya dihargai mulai 10.000 rupiah hingga 20.000 rupiah.

Acara Peringatan ulang tahun Jawa Timur ini akan terus dihelat secara akbar oleh pemerintah propinsi Jawa Timur tiap tahunnya dengan mengadakan beragam rangkaian acara seperti Jatim Fair,Pawai Budaya dari seluruh daerah di Jawa Timur, Pameran Kuliner, Gelar Budaya, dan lain sebagainya. Dengan adanya acara semacam ini pemerintah propinsi berharap agar masyarakat lebih mengenal budaya Jawa Timur, tidak hanya untuk warga pribumi namun juga untuk wisatawan mancanegara.

Karena selain mengundang peserta dari seluruh Jawa Timur untuk memamerkan potensi daerahnya pihak panitia juga bekerjasama dengan kedutaan luar negeri. Kehadiran atase perdagangan Amerika Serikat, China, Belanda, Polandia dan Jepang itu sekaligus mengukuhkan Jatim Fair 2012 sebagai even pameran perdagangan berkelas internasional.

naskah/foto: nur afni