IMG_6792

Memperingati Tahun Baru Imlek, House of Sampoerna (HoS) menggelar program Lunar Track : The Pagoda of Surabaya. Program ini melengkapi komitmen HoS untuk turut mendukung dan mengapresiasi berbagai karya seni dan budaya, serta sejarah dan pariwisata Indonesia.

Lewat program yang diadakan 17 Februari hingga 15 Maret 2015 ini, trackers diajak untuk mengunjungi beberapa klenteng dengan menggunakan bis Surabaya Heritage Track (SHT). Sehingga mereka bisa melihat dari dekat, pesona tempat ibadah masyarakat Tionghoa seperti Klenteng Boen Bio, Pak Kik Bio, Sam Poo Tay Djhien, Hok An Kiong, Klenteng Hong San Koo Tee, dan Klenteng Jun Cin Kiung.

Masing-masing klenteng ini menyimpan cerita yang tak kalah menarik. Seperti Klenteng Boen Bio
yang dibangun pada tahun 1882. Klenteng berarsitektur Tiongkok, Belanda dan Jawa ini merupakan klenteng sastra Tionghoa satu-satunya di Indonesia. Keunikan dari klenteng ini, tidak ditemuinya Kiemsin atau patung di dalam altar. Hanya terdapat Shinci atau papan arwah sebanyak 145 buah, yaitu shinci nabi Khongcu beserta murid dan pengikutnya.

IMG_6826Lalu Klenteng Pak Kik Bio atau yang akrab disebut Klenteng Jagalan. Klenteng ini dibangun pada 8 April 1951 dan diresmikan pada 17 Juni 1952. Klenteng Pak Kik Bio terlihat unik dengan adanya serambi menjorok ke depan yang mengandung filosofi untuk menyambut berkah. Di klenteng ini terdapat sebuah genta yang berada di dekat dinding berlambang Patkwa dan Yin-Yang. Genta dalam kepercayaan Konghucu melambangkan suluh kehidupan, serta dibunyikan sebagai tanda berkumpul dan siap melaksanakan upacara keagamaan. Terdapat pula Patkwa, sebuah simbol yang diperkenalkan oleh Kaisar Fu Hsi (2582 SM) dengan garis-garis lurus tanpa putus (Yang I, simbol maskulin) dan garis-garis patah dua (Yin I, simbol feminin), di dalam sebuah segi delapan yang menggambarkan delapan situasi kehidupan, yaitu perkawinan, ketenaran, kekuasaan, keluarga, pengetahuan, karir, orang-orang berguna, dan anak-anak.

Tertarik menikmati layanan tur tematik SHT ini? Berikut jadwalnya.

Jadwal Tur
17 Februari s/d 15 Maret 2015

Hari Selasa – Rabu, jam 15.00-16.30 WIB
Rute : HoS – Klenteng Boen Bio – Klenteng Pak Kik Bio – HoS

Hari Kamis – Jum’at, jam 15.00-16.30 WIB
Rute : HoS – Klenteng Sam Poo Tay Djhien (Mbah Ratu) – Klenteng Hok An Kiong – HoS

Hari Sabtu – Minggu, jam 15.00 – 16.30 WIB
Rute : HoS – Klenteng Hong San Koo Tee – Klenteng Jun Cin Kiung – HoS

INFO LENGKAP
House of Sampoerna
Taman Sampoerna 6
Surabaya 60163
Tel 031 – 353 9000