Menutup rangkaian Jember Fashion Carnival International Event 2015, JFC Grand Carnival digelar dengan melibatkan kurang lebih 170 talent, Minggu (30/8). Event pamungkas yang membawa tema Majapahit ini terbagi menjadi tiga segmen.

“Segmen pertama adalah opening. Segmen ini melibatkan sejumlah talent yang berperan sebagai pengawal Kerajaan Majapahit,” jelas Dynand Fariz saat press conference di Cempaka Hill, Sabtu (29/8) malam.

Disusul segmen kedua, Keluarga Istana, lalu Festival Istana. Yang mengejutkan, Dynand Fariz ikut terlibat menjadi salah satu talent di karnaval pamungkas ini.

JFC Grand Carnival dimulai pukul 14.00 WIB. Meski demikian, jalanan mulai ditutup sejak jam 10.00 WIB. Pengunjung yang terdiri dari warga dalam dan luar Jember sudah berjubal sejak pukul 11.00 WIB.

Dari pantauan eastjavatraveler.com, jumlah pengunjung event ini dibanding perhelatan di hari sebelumnya, Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI), membengkak tiga kali lipat. Hal ini juga dibenarkan sumber di kepanitian JFC 2015. “Beberapa jam sebelum acara dimulai, tiket sudah terjual 2000 lembar. Hari sebelumnya tidak sampai segitu,” akunya.

Dengan dukungan pemerintah daerah setempat dan sejumlah sponsor, gaung JFC 2015 memang sudah bergaung kencang bahkan sejak akhir 2014. Ditambah beberapa pemberitaan terkait kisah sukses JFC di sejumlah ajang bergengsi. Seperti penghargaan Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang, Best National Costum Miss Supranational 2014 di Warsawa, Polandia, hingga Best National Miss Universe 2015 di Miami-Florida, Amerika.

Di tahun yang sama, JFC juga terpilih sebagai Penyelenggara Event Terbaik se Indonesia dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.


naskah dan foto : hendro d. laksono