Terkadang coklat di nikmati pada pagi hari, menemani roti dan segelas susu atau teh hangat. Namun ada pula yang menjadikan coklat sebagai simbol, tanda ucapan kasih sayang.

Coklat sebenarnya memiliki banyak ragam. Mulai yang sudah terbentuk kecil kecil atau biasanya di sebut dengan missis, susu coklat, selai coklat dan masih banyak lagi. Moment kasih sayang seperti inilah banyak orang berburu coklat. Apalagi jika coklat ini dapat di bentuk dengan berbagai bentuk. Dari bentuknya yang encer, memiliki tekstur kuat dan memang berasal dai belgia. ”Kami memang khusus mendatangkan coklat ini dari belgia, dan rasa coklat itu sebenarnya pahit, lain dengan coklat yang berasal dari indonesia,” kata Didi Ardian Setiadin, Operation Manager Dapur Coklat.

Coklat di dunia ini banyak jenisnya. Rasa coklat Belgia berbeda dengan di Indonesia. ”kami memang mengajak warga lokal untuk merasakan coklat yang benar benar rasanya ada pahitnya sedikit dan itu memang rasa khas coklat sebenarnya,” tutur pria berkacamata ini.

”Di Indonesia ini juga penghasil coklat namun, rasanya cenderung lebih manis,” urainya. Beberapa negara memang memiliki penghasil coklat. Dan coklat pun kini bisa di bentuk menurut kesukaan kita. Kali ini di Surabaya yang terletak di jalan Biliton 77-79 hadir Dapur Coklat salah satu tempat yang menawarkan berbagai macam rasa dan bentuk coklat. Jika anda mengingkan coklat dengan berbagi rasa, bentuk. Seperti coklat yang berbentuk Sponge bob, Spiderman, Ben-10, Pengantin dan masih banyak lagi.

Konsep yang ditawarkan dapur coklat kepada pengunjung adalah serba coklat.” Konsep yang kami tawarkan di sini adalah segalanya tentang coklat yang di model dengan bermacam bentuk, karena memang hiasan yang ada di sini terbuat dari bahan dasar coklat, dan di sini kami mencoba menawarkan coklat yang memang berkualitas,”urainya lagi.

Dapur coklat ini lebih mengandalkan coklat modeling atau untuk dekorasi. Proses pembuatan coklat modeling sendiri tak jauh berda dengan membuat kue atau roti biasanya. Mulai dari coklat cair yang di oven dengan mesin lalu di beri campuran yang berbahan dasar oil (praline) dan bahan tersebut khusus dari Belgia sebagi pewarnanya. ”Mulai warna glitter, emas, merah pun bahan dasarnya dari sana,” ungkap Aji, dekorator coklat.
Coklat modeling ini di kategorikan awet apabila di simpan di suhu tertentu. Coklat modelling ini dapat di simpan dalam freezer. menikmati coklatpun banyak cara. Biasanya dengan minum ice coklatpun sangat cocok.

Jika anda ingin memberikan hadiah coklat pada kekasih atau orang yang di sayangi tak ada salahnya jika singgah di Dapur Coklat ini. Di dapur ini juga menawarkan biskuit berbentuk hati dan patung dewa china dengan tulisan love dan mandarin yang di taburi coklat berwarna merah, merah muda dengan logo dan tema yang bertemakan “More Than World”. “Tema ini sudah kami sesuaikan dengan valentine tahun ini yang juga bersamaan dengan perayaan imlek,” tegas lulusan IKJ ini.

naskah dan foto : dhimas prasaja