Maraknya cafe nyaman untuk membaca buku, terus berkembang di Surabaya. Bahkan baru-baru ini telah berdiri sebuah cafe yang tak hanya nyaman bagi pembaca tapi juga tempat untuk menumpahkan ekspresi seni. Baik dibidang sastra, lukis, dan film.

Kedai Kreasi, meskipun baru buka tanggal 8 Juni 2015 lalu, tempat ini tak pernah sepi dari pertunjukan seni. Tak jarang sejumlah nama sastrawan, novelis dan cerpenis ternama asal Jawa Timur terlibat memeriahkan beberapa acara, sebut saja Prof. Budi Darma, Agustinus Wibowo, Viska Wisnu, Sani B Kuncoro, dan masih banyak lagi.

Kegiatan-kegiatan semacam itu memang sengaja dipersiapkan, mengigat tujuan berdirinya Kedai Kreasi adalah menarik minat dan mewadai pemuda untuk membaca dan diskusi seni. “Tempat ini ladang bagi para pemuda, gak cuma nongkrong dan makan, tapi juga teredukasi,” Tambah Endang Winarti, pemilik Kedai Kreasi sembari tersenyum.

Selain kegiatan seni, Wina begitu perempuan itu biasa di sapa juga menyebutkan sederet buku koleksi kedainya, “koleksi buku kedai macam-macam, ada filsafat, tapi mayoritas sastra,” tutur perempuan berkacamata ini.

Wina mencoba menampilkan kedai semenarik mungkin, selain kegiatan dan semua buku koleksi kedainya, terlihat dekorasi ruangan berwarna kuning terang, dengan hiasan mural warna-warni. Pula lukisan pohon seolah menyangga rak buku. Di luar ruangan, kursi warna-warni berjejer beratap tumbuhan rambat warna hijau, menambah kesan teduh.

kedai kreasi11Sementera untuk makanan dan minuman, Wina memilih menu sehat. Yaitu makanan yang dibuat dengan bersih dan tanpa MSG atau penyedap rasa. Untuk minuman, perempuan berkerudung ini menyiapkan empat jus sehat, diantaranya Jus Hijau Galau (sawi, seledri, nanas, jeruk), Jus Merah Merona (strawberry, pisang, tomat), Jus Kuning Kemuning (belimbing, pisang, jeruk), dan Deep Purple (buah naga, jeruk nipis, strawberry). Dan tentu saja berbagai macam Kopi dari Nusantara.

Berada di deretan Ruko Lotus Regency D3 Surabaya, Kedai Kreasi buka mulai pukul 15.00 sampai 21.00 WIB. Khusus untuk kegiatan komunitas, Wina menyediakan paket murah. Yaitu 300 rb rupiah untuk penyewaan tempat, makan dan minum 20 orang, sekaligus sound system.

naskah : pipit maulidiya | foto : farid rusly