Bosan dengan makanan berkategori berat, coba aneka salad yang makin gampang kita temui. Apalagi salad baik untuk kesehatan. Lantaran komposisi utamanya adalah aneka sayur dan buah yang segar. Tak salah jika menu ini banyak dicari seiring dengan semakin kompleksnya jenis penyakit yang ada di masyarakat.

Terpenting lagi, salad seolah tak terpisah dari sausnya. Sama seperti pilihan sayuran atau buah yang beragam, jenis saus (dressing) pada salad juga beraneka rupa. Dressing yang umum digunakan di sejumlah restoran misalnya mayonnaise sauce, thousand island, dan french dressing. Akan tetapi penggunaan dan rasa saus itu kadangkala tergantung oleh selera sang pembuatnya sendiri.

Agar citarasa yang terkandung pada salad bervariasi, beberapa ahli kuliner mencoba mengkolaborasi salad dengan bermacam campuran sebagai isi. Seperti ikan laut segar, telur ayam, daging sapi maupun ayam, atau yang lainnya.

Selain menyehatkan, menu salad kerap dijadikan pilihan sebagian orang sebagai makanan pembuka. Seperti yang biasa Anda lihat saat mencicipi menu salad di beberapa hotel berbintang. Begitu membuka buku menu yang terdapat di restoran setempat, pada daftar appetizer umumnya akan muncul nama salad dengan beragam isinya.

Salad Hotel Singgasana
Menikmati menu salad di resto hotel berbintang hmmm, pasti bikin enak sekali. Seperti aneka menu salad yang tersaji di Hotel Singgasana Surabaya. Salad di hotel ini adalah didesain sebagai menu khusus sebagai hidangan pembuka. Di Resto Dharmawangsa Hotel Singgasana ada empat varian salad yang ditawarkan. Mulai dari salad buah, bucher salad, salad seafood, dan salad ayam. Masing-masing salad ini mempunyai keunikan rasa yang akan mengoyang lidah kita.

Jika Anda suka yang segar, mulailah mencoba salad buah. Terdiri dari buah pepaya, melon, nanas dan bengkoang. Buah-buah ini dicampur dengan mayonnaise yang telah di-mix dengan susu kental manis, dan terakhir ditaburi dengan parutan keju plus topping buah ceri merah menambah segarnya salad ini.

Kedua cobalah salad dengan campuran Italian Dressing? Seperti yang terasa pada bucher salad. Salad ini terdiri dari sayur-sayuran, seperti paprika merah dan hijau, bawang bombai, tomat dan ditambah dengan potongan daging asap. Rasanya cenderung asam, karena pada Italian dressing ini ditambahkan red wine vinegar yang menambah keunikan rasanya.

Selain itu, ada juga salad dari hasil laut. Salad seafood ini terdiri dari udang, cumi dan ikan kakap putih yang telah dimasak dengan berbagai bumbu disajikan dengan mix salad sebagai pelengkap. Mix salad sendiri terdiri dari lettuce Bandung, lettuce curly dan selada air yang telah dicampur dengan Italian dressing. Rasanya tak terlalu amis, karena cheff di resto ini telah memberi campuran lime juice.

Nah, salah satu salad yang menjadi favorit para tamu adalah salad ayam. Bagian ayam yang dipilih adalah dada yang diasap sehingga mempunyai rasa gurih, dicampur dengan mustard dressing yang telah diberi sedikit aneka bumbu tambahan, seperti bawang merah cincang, black pepper, red wine vinegar, perasan jeruk nipis dan disajikan dengan tambahan mix salad. Namun ada yang berbeda dengan salad ini, yakni adanya potongan buah alpukat. Sehingga menghasilkan rasa manis dan asam yang mengelitik lidah penikmat salad.

Salad Sehat Sheraton
Di Resto Bromo, Sheraton Surabaya Hotel and Towers, salad yang disajikan terdiri dari tiga macam. Yaitu Bromo Salad Bowl, Tropical Fruit Salad dan Orange, Prawn and Fish Salad.

Bromo salad bowl adalah jenis salad yang sedikit berat. Terdiri dari daun selada campur, irisan daging ayam panggang yang gurih, irisan daging asap, telur rebus. Dan yang unik adalah saus campurannya. Untuk saus, salad jenis ini menggunakan yogurt tawar yang di mix bersama buah pisang, ditambah poppy seed (biji bunga), jus lemon dan madu, serta keju fetta yang asin dan manis gurih kacang macadamia yang menambah keunikan rasanya.

Sementara tropical fruit salad sangat pas bagi Anda yang ingin rasa segar. Yakni campuran dari potangan buah-buahan, seperti salak, bengkuang, kedondong, papaya muda, mangga muda dan nanas yang dipadukan dengan saus gula merah, asam jawa, hot chili dan garam.

Terakhir, orange, prawn and fish salad yang tak kalah lezat. Salad ini terbuat dari jeruk sunkis, salmon fillet, snapper fillet dan udang. Sausnya campuran dari olive oil, cuka apel dan orange juice, ditambah potongan buah zaitun. Rasa yang dihasilkan pun manis dan asam. Ketiga jenis salad itu sangat pas bagi Anda yang ingin diet, karena minim kandungan lemaknya.

laurensia | foto : wt atmojo