Membaca merupakan hal yang menarik bagi banyak orang, apalagi membaca sebuah buku yang bercerita tentang eksotisme dan kejadian masa lampau. Dengan hal itu, si pembaca serasa diajak tuk kembali ke masa tersebut.

Melalui hal tersebut, House of Sampoerna (HoS) kali ini mengajak masyarakat untuk mengenal karya tulis dan biografi dari tokoh-tokoh terkenal dunia, yang hadir dalam pameran buku kuno bertajuk Menilik Potret Kehidupan Masa Lampau Lewat Buku.

Pameran ini digelar mulai tanggal 22-29 November 2011 di Museum HoS, Surabaya. Lebih dari 30 buku kuno dipamerkan. Buku – buku tersebut merupakan buku terbitan tahun 1911 – 1975 yang hadir dalam empat bahasa yakni Indonesia, Inggris, Belanda, dan Jawa. Antara lain seperti buku De Chineesche Beweging of Java yang berbahasa Belanda, terbit pada tahun 1911. Buku yang berusia 100 tahun ini bercerita tentang pergerakan masyarakat Cina di Indonesia.

Ada pula buku yang menggunakan aksara Jawa terbitan tahun 1917 yang mengangkat kisah Babad Diponegoro serta kumpulan dokumen mengenai perjuangan pertumbuhan dan perkembangan politik Indonesia mulai tahun 1945.

Selain itu berbagai biografi seperti salah satunya adalah Mahatma Gandhi, legenda Jawa dari buku Javaansche Sagen Mythen En Legenden karya Jos, Meijboom Italiaander-1924, atau berbagai dongeng yang beredar di Indonesia yang terangkum pada buku “Folk Tales of Indonesia” yang diterbitkan oleh Sterling Publishers Ltd – 1977, maupun buku yang memuat ratusan foto-foto Indonesia karya NA Douwesdekker pada tahun 1950-an yang berjudul “Tanah Air Kita” turut ditampilkan dalam pameran ini.

Dengan menggandeng Erwin Dian Rosyidi, seorang kolektor buku kuno asal Surabaya, dia memamerkan beragam koleksi buku kuno miliknya dengan tujuan agar masyarakat lebih berapresiasi terhadap buku, khususnya buku kuno yang memiliki nilai historis tinggi, dan juga kandungan karya sastra yang tak ternilai pada era tehnologi modern abad 21 ini. Hal ini juga untuk mendorong terus tumbuhnya aktifitas komunitas-komunitas pecinta buku khususnya di Surabaya. (ci)