Hari ketiga Citraland Superfest 2015, tiga penampilan kesenian tradisional Jawa Timur tersaji di panggung utama Citraland Superfest. Penampilan apik dari perwakilan tiga kota di Jawa Timur, Tulungagung, Pamekasan dan Surabaya ini mampu menyedot perhatian pengunjung yang datang malam itu, Jumat (7/8).

Bahkan, satu jam sebelum acara berlangsung, deretan kursi yang disediakan panita di bumper Citraland Superfest hampir seluruhnya terisi. Mereka dengan sabar menanti MC naik ke atas panggung dan bersiap menyaksikan penampilan pembuka dari kabupaten Pamekasan, Kramat Percussion Ensamble.

Hingga sepuluh menit sebelum pembukaan acara, baik pengunjung maupun pengguna jalan, bahkan beberapa orang yang tengah menikmati akhir pekannya di deretan cafe dan resto di area G-Walk dikejutkan dengan atraksi kesenian Jaranan Dhodog dari kabupaten Tulungangung, sebelumnya mereka melakukan parade dari patung kuda Citraland Surabaya.

Sorak riuh penonton pun semakin nyaring di telinga, seiring para penari Jaranan Dhodog mempertontonkan atraksinya tepat di depan pangggung utama Citraland Superfest. Puluhan pasang mata pun sejenak tertuju pada penampilan apik kesenian jaranan dari kabupaten penghasil marmer ini.

Tak berselang lama, MC pun membuka acara Citraland Superfest 2015 yang sudah menginjak hari ketiga. Selain penampilan dari Kramat Percussion Ensamble Pamekasan dan Jaranan Dhodhog Tulungagung, Wilwatikta Etnic Surabaya turut melengkapi sekaligus menjadi penampilan terakhir dalam malam festival Citraland Superfest malam itu.

Pada hari sebelumnya, 6 Agustus, Citraland Superfest juga diramaikan dengan Surabaya Cross Cultural. Busan Korea Selatan didaulat sebagai penampilan pembuka, yang kemudian dilanjutkan dengan tarian energik dari India, tak lupa kesenian tanah air yang diwakili oleh Makasar, Yogyakarta, Tebing Tinggi dan Balikpapan juga turut menyemarakkan gelaran panggung Citraland Superfest 2015 di tahun yang ke-9 ini.

Malam ini, sebagai perjalanan terakhir kegiatan Citraland Superfest 2015. Selepas acara closing ceremony yang rencananya akan dilaksanakan jam 8 malam. Menuju detik-detik penutupan festival tahunan yang digagas oleh Citraland Surabaya ini akan disuguhkan pertunjukkan yang tak kalah menariknya dari beberapa penampilan yang sudah berlangsung. Adalah Patrol Gunung Anyar, Tari Candhik Ayu, Pandu Siwi dan Ludruk Arek Citraland yang siap membangkitkan decak kagum lewat panggung Citraland Superfest 2015.

naskah dan foto : rangga yudhistira