Belum lengkap rasanya, jika berwisata ke komplek situs Kerajaan Majapahit di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, jika merasakan kelezatan Nasi Wader yang banyak ada di sekitaran Kolam Segaran.

Masuk ke desa tersebut di pinggiran jalan masyarakat langsung menjumpai banyak penjual nasi wader. Lokasinya hanya sekitar 200 meter dari perempatan jalan raya Trowulan jurusan Mojokerto-Jombang. Tak sulitkan mencarinya?

Menurut cerita dari pedagang setempat, ikan-ikan wader mereka ambil dari dalam Kolam Segaran, salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Desa Trowulan. Uniknya, ikan wader ini tidak dapat dibudidayakan dari dalam kolam tersebut. Karenanya, tidak salah bila ada yang mencemaskan jika suatu ketika stok ikan wader yang ada di dalam kolam akan habis.

Karena itu pula, dalam perkembangannya, para pedagang kemudian menambahkan menu-menu lain. Seperti sambal ikan belut, mujair, lele, udang, dan aneka botok. Tentu sangat menggoda selera bila menyantapnya di saat siang hari, sambil merasakannya dengan nasi putih hangat dan beberapa menu minuman es.

Dan, semua menu itu disajikan dengan sambal mentah, yang diracik di atas cobek tanah liat, terdiri dari campuran cabai merah, tomat, bawang merah, jeruk nipis dan trasi. Kemudian ditambahkan daun kemangi. sehingga kian terasa kesegarannya.