Setelah seharian dikejar target dan pekerjaan, saatnya melepas penat. Agar lebih fresh, kembali tersenyum. Beberapa fasilitas hiburan yang ada di kota Surabaya, siap memberi jawaban untuk kebutuhan ini. Dan salah satunya, datang dari layanan karaoke. Pernah mencoba?

Seperti yang diungkapkan Steven, mahasiswa di sebuah universitas swasta di Surabaya mengaku cukup sering berkaraoke, alasannya untuk melepas stres dan penat. “Asyiknya sama teman-teman kalau lagi suntuk kita pergi karaoke. Terus pilih lagu yang berirama keras agar terasa enjoy,” ujar Steven pada EastJava Traveler.

Selain kerap dijadikan pelepas stres dan penat. Karaoke juga sering dipilih untuk menjadi ajang berkumpul bareng teman, rekan kerja, maupun keluarga. “Saya sih nggak terlalu sering ke karaoke. Paling-paling satu atau dua bulan sekali sama teman-teman,” ujar Fabian, 23 tahun.

Memang dengan karaoke, Anda yang ingin berteriak atau bergoyang mengikuti irama lagu yang dikehendaki dapat bebas tanpa harus malu. Karena biasanya di dalam ruang karaoke dinding dibuat kedap suara. Dan, ditambah tempat duduk yang nyaman juga penerangan yang bisa diatur, dilengkapi set pemutar lagu, layar monitor, serta beberapa mick. Setelah itu, Anda tinggal pilih lagu kesukaan dan bernyanyi sesuka hati dengan keberanian untuk membawakannya.

Alhasil, keceriaan dan kehangatan dalam berkaraoke bisa menjadi sebuah petualangan baru yang menyenangkan. Bahkan, bagi sebagian orang karaoke dapat dijadikan terapi melatih kepercayaan diri.

Didukung Fasilitas
Melihat animo masyarakat yang begitu besar, membuat beberapa pihak pengelola tempat karaoke mulai melakukan banyak terobosan. Misalnya dengan pemberian kenyamanan dalam ruangan, penyediaan makanan dan minuman sesuai selera. Bahkan tak sekedar lagi berupa kaset dan tape, CD, VCD, DVD player plus monitor televisi, hingga mesin karaoke yang terhubungkan dengan serat optik yang menampilkan musik dan gambar berkualitas tinggi.

Di Nirwana Audio Visual (NAV) misalnya. Tempat karaoke keluarga yang memiliki delapan cabang di Surabaya ini memiliki koki sendiri untuk fasilitas food and baverage. Dengan itu, perut Anda selepas berkaraoke terasa lapar tinggal pesan, sesaat kemudian bisa menikmati hidangan sesuai pesanan.

“Kelebihan di sini adalah kami tempat karaoke keluarga, jadi kami buat senyaman mungkin untuk keluarga,” Ujar Maria Setyawati, Head of Marketing NAV.

Selain itu, wanita yang akrab disapa Maria itu mengatakan, pihaknya juga meng-update lagu-lagu tiap seminggu sekali. Koleksi lagu kami sudah ribuan karena kami juga kerjasama dengan Nirwana recording. Ada berbagai macam kategori, mulai dari anak-anak sampai oldies. Dari bahasa Indonesia, sampai Mandarin, bahkan India pun kami ada.

Sebagai tempat karaoke keluarga, NAV yang mengusung teknologi Digital Stereo Computer System (DSCS) ini selalu menjaga citra baik pada seluruh pengunjung. Karena itulah, tidak ada satupun waiter yang berjenis kelamin perempuan, kecuali yang menempati posisi kasir dan penerima tamu. Pintu tiap ruangan pun di beri kaca-kaca agar bisa tetap terkontrol.

Tempat karaoke dengan logo burung Rangkok dari Kalimantan ini, buka tiap hari mulai dari pukul 12.00 Wib sampai 02.00 Wib. Untuk rate per kamar, NAV yang berdiri di tahun 1999 ini membedakannya dalam tarif siang dan tarif malam. Untuk tarif siang, mulai dari pukul 12.00 Wib hingga 19.00 Wib, atau biasa disebut happy hour, pengunjung akan mendapat potongan harga sebesar 40 persen dari harga normal. “Promo happy hour ini berlaku setiap hari, kecuali hari besar,” kata Maria, 38 tahun.

Ruang karaoke yang tersedia mulai dari small yang berkapasitas 6 orang dengan harga normal Rp 45 ribu dan harga promo happy hour Rp 27 ribu. Selanjutnya ada Medium yang berkapasitas 8 orang dengan harga normal Rp 55 ribu dan happy hour Rp 33 ribu. Large dengan kapasitas 12 orang seharga Rp 65 ribu dan harga happy hour Rp 39 ribu.

Ada pula kamar suite, premium suite, president suite, dan big top yang masing-masing mendapat fasilitas lampu disco dengan efek dentuman bass. Bahkan untuk room presiden suite yang berkapasitas 25 orang dan Big Top yang berkapasitas 35 orang ada beberapa fasilitas tambahan seperti kamar mandi di dalam, tambahan satu microphone ekstra, TV 42 inchi, serta meja makan dan showcase berisi beragam minuman di dalam ruangan.

Satu lagi penjelasan mengenai tempat karaoke yang ada di Surabaya, yakni Koalaoke, sebuah tempat karaoke keluarga baru buka pada Maret 2008 lalu ini hadir dengan kecanggihan teknologi dan kenyamanan ruangan.

Menurut Jaka Prima Yudha, Operational Manager Koalaoke pihaknya menawarkan beberapa fasilitas yang berbeda. Berupa fasilitas recording dan movie. Jadi, pengunjung masuk ke Koalaoke bisa nonton TV atau DVD yang sudah ada dalam daftar kami secara gratis, dan bisa juga merekam kegiatan mereka selama berkaraoke dalam format CD atau VCD dengan membayar biaya kompensasi CD atau VCD-nya saja
Tempat karaoke yang buka dari pukul 15.00 Wib – 01.00 Wib ini juga memiliki promo happy hour. Untuk Senin sampai Sabtu promo berlaku mulai dari jam 3 sore sampai 8 malam. Sementara untuk Minggu, mulai dari jam 12 siang sampai 5 sore.

Harga khusus itu pun dibagi lagi dalam dua kategori, yaitu student dan non student. Untuk pengunjung yang membawa kartu pelajar yang masih berlaku, hanya terkena tarif Rp 15 ribu per orang, dan untuk pengunjung non student dapat menikmati berkaraoke selama lima jam dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 20 ribu per orang.

Hanya saja, syarat untuk menikmati happy hour ini, pengunjung harus membayar sejumlah maksimal kapasitas room yang akan dipakai. “Misalnya datang hanya bertiga, mau pakai kamar bronze yang berkapasitas empat orang, tetap harus bayar untuk empat orang.” Jelas pria berusia 23 tahun ini. Asyiknya lagi, kita bisa menggunakan jatah jam happy hour semaksimal mungkin.

Sama halnya dengan NAV, di Koalaoke juga menyediakan fasilitas F & B bagi para pengunjungnya. Para pengunjung dapat memesan hidangan yang mereka inginkan didukung citarasa yang khas.

Di Koalaoke juga menyediakan multi function hall yang sering digunakan untuk gathering, rapat, dan acara gereja. Dengan jumlah kapasitas yang sangat menjangkau.

Lebih lanjut Jaka menjelaskan ada 22 room yang tersedia di Koalaoke terbagi dalam 5 tipe. Tipe Bronze berkapasitas 4 orang seharga Rp 70 ribu per jam, Silver dengan kapasitas 6 orang dengan harga Rp 80 ribu per jam, Gold yang berkapsitas 8 orang seharga Rp 100 ribu per jam. Ada pula ruangan besar seperti Platinum dan Titanium yang memiliki kamar mandi di dalam ruangan.

Mungkin terlihat mahal, tapi jangan khawatir, karena tempat karaoke di Citraland ini memberikan banyak potongan harga. Sebelum pukul 19.00 Wib ada potongan harga sebesar 50 persen, sementara di atas pukul 19.00 Wib ada potongan sebesar 40 persen. Khusus untuk public holiday, potongan harganya sebesar 30 persen dari harga normal.

eva tarida sitompul | foto : wt.atmojo/dhimas.p