Sosok pebulutangkis Indonesia Taufik Hidayat seolah tiada habisnya untuk digali. Mulai di balik lapangan hingga berbagai ekspresi, dan gaya permainannya di lapangan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat kita.

Tak salah bila kehadiran salah satu legenda bulu tangkis Indonesia di tengah kerumunan warga Surabaya, Kamis (06/02/2014) dalam peluncuran buku fotografi Jejak Taufik Hidayat di Indonesia Terbuka di sela acara Djarum Superliga Badminton 2014, di DBL Arena Surabaya mampu menarik perhatian khalayak luas.

Dalam kesempatan ini, Taufik memberi kesempatan warga Surabaya untuk berfoto bersama dan memberi tanda tangan pada bukunya. Selain itu, Taufik juga memberikan spirit pada pengunjung yang hadir supaya dapat mengharumkan nama bangsa dengan berprestasi dalam bidang apa saja, salah satunya lewat olah raga.

Menurutnya seorang atlet olah raga harus mempunyai tekad kuat dalam mengharumkan nama bangsa. Karenanya harus dipupuk sejak dini demi mendulang prestasi. “Siapapun bisa dengan mudahnya jadi atlet, namun yang paling penting adalah harus memegang kunci utama, yaitu berprestasi untuk bangsa,” tegas pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1981 ini.

Lebih lanjut, peraih medali emas bulu tangkis Olimpiade di Athena 2004 ini, berharap agar olah raga di Indonesia dapat terus maju dan berprestasi, termasuk juga bulu tangkis.

“Saya selalu menghimbau pada junior-junior bulu tangkis, supaya memacu prestasi dengan giat berlatih, dan kami di PBSI melalui program Angkat Raketmu untuk Indonesia mengajak masyarakat di berbagai pelosok tanah air menularkan virus bulu tangkis ini,” jelasnya.

Dengan ini, ia harap bulu tangkis Indonesia tetap menjadi perhatian dunia. “Ayo sukseskan bulu tangkis kita, ayo angkat raketmu untuk Indonesia, saatnya pacu prestasi kita,” tukas Taufik.

naskah : m. ridlo’i | foto : budi irawan/indonesiaimages.net