Jawa Timur, sebagai provinsi yang memilki ragam seni budaya melimpah, secara tak langsung membuat pelaku seni di Jatim ingin mengembalikan dasar-dasar yang digunakan para pejuang dalam membangun bangsa ini.

Seperti yang diutarakan Pelawak Jatim, Kirun. Pada Eastjavatraveler.com, ia menjelaskan, yang harus disiapkan para seniman untuk membangun bangsa, terlebih lagi dalam menyongsong tahun budaya yang ditetapkan pemerintah provinsi Jatim pada tahun 2014 nanti, bukan sekadar memperkaya wawasan dan kreatifitas saja, tetapi yang lebih penting adalah membangun kembali kecintaan masyarakat pada budaya bangsanya.

“Kita jangan sampai lupa pada budaya bangsa sendiri, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya,” ujar Kirun.

Sebab itu pula, juga harus dibekali ilmu pengetahuan dan kerja keras secara terus menerus, guna memperkuat budaya dan etika sebagai karakter Bangsa Indonesia.

Melalui upaya terus menerus tersebut, bagi Kirun, secara tidak langsung memberikan landasan yang kuat terhadap perkembangan generasi muda dalam mengatasi pengaruh global seni budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Bangsa Indonesia.

naskah/foto : mridlo’i