Penikmat komik sekali lagi dihibur dengan karya – karya komikus Surabaya. CCCL (pusat kebudayaan Prancis) Surabaya bekerjasama dengan perpustakaan C2O dan para pegiat komik Surabaya, menggelar festival komik Prancis-Indonesia ‘Cergamboree’ yang digelar pada tanggal 21 – 26 Februari 2011.

Beberapa acara diantaranya menggambar komik dengan media keramik granit, workshop komik bersama Simon Hureau komikus Prancis dan pameran pun diadakan untuk memanjakan para penikmat dan pecinta seni menggambar, khususnya komik.

Cergamboree adalah festival komik tahunan di Surabaya yang digunakan sebagai ajang para komikus, desainer grafis, creative director dan berbagai insan kreatif yang berkecimpung di bidang komik dan komunikasi visual bersosialisasi, mendapatkan informasi, inspirasi dan pengalaman dari praktisi luar kota dan mancanegara.

Agenda tahunan tersebut telah memasuki edisi yang ke-3. Kali ini, pameran mengusung tema Sejarah Kecil Surabaya. Sejarah disini tidak harus sejarah besar atau resmi, tapi juga termasuk kehidupan sehari – hari figur sejarah, cerita dan foto masa lalu sesepuh atau orang tua kita, maupun hikayat atau cerita rakyat. Selanjutnya, diolah ke dalam komik yang menarik untuk dinikmati khalayak umum baik dari segi cerita maupun setting latar belakangnya.

“Festival tahunan ini digelar juga untuk saling silaturahmi antar sesama komikus, biar dunia komik di Indonesia, khususnya di Surabaya kembali hidup”, ujar Exgo, salah satu peserta pameran pada EastJavaTraveler.Com.

naskah/foto: frannoto