Pada hari Rabu tanggal 12 Nopember 2008 pukul 16.00, bertempat di Sheraton Media Hotel & Towers telah dideklarasikan pembentukan ‘KOMUNITAS PEDULI MAJAPAHIT’ (KPM). Deklarasi dibacakan oleh Langit Kresna Hariadi, pengarang novel terkenal Gajah Mada, Candi Purca dan Perang Paregreg, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Direktur Jenderal Sejarah dan Kepurbakalaan Depbudpar Dr. Hari Untoro, didampingi oleh Ketua Yayasan Peduli Majapahit Luluk Sumiarso dan Pembina Yayasan Kebudayaan Indonesia Jepang NIHINDO Dr. Umar Said. Hadir dalam acara ini antara lain Prof. Dr. Edi Sedyawati (mantan Dirjen Kebudayaan/Pengajar FIB-UI), Drs. Suroso (Direktur Kepurbakalaan Depbudpar), Dr. Supratikno (FIB-UI), Wakil MEDIA GROUP, Sudjiwo Tedjo, Ketua Nihindo Hariadi Usman, Wakil Ketua Nihindo Mr. Takajo, Eka Budianta, GPBH Hadisuryo, Pengurus Yayasan Peduli Majapahit, Pengurus Paguyuban Puspo Budoyo, Majalah Kabare dan lebih dari 50 orang  tokoh/individu yang peduli terhadap kelestarian Situs Majapahit.

Pembentukan Komunitas ini merupakan tindak lanjut dari salah satu kesimpulan “Forum Kajian Integratif Pengembangan dan Perlindungan Situs Peninggalan Majapahit di Trowulan” yang diselenggarakan oleh  Puslitbang Kebudayaan Depbudpar bersama Fakultas Ilmu Budaya UI di jakarta pada tanggal  29 Oktober 2008. Komunitas Peduli Majapahit bertujuan untuk menumbuhkan dan menjaga semangat pelestarian Situs Majapahit. Komunitas ini akan membahas berbagai aspek yang terkait dengan Situs Kota Majapahit, dan terbuka bagi mereka-mereka (individu maupun organisasi) yang peduli terhadap pelestarian peninggalan Majapahit dan rekonstruksi Komplek Kraton Majapahit.

KPM akan membantu penyiapan Blueprint “Pengembangan Situs Kota Majapahit” oleh Depbudpar cq. Ditjen Sejarah dan Purbakala dengan memperhatikan Rencana Induk yang pernah dibuat pada tahun 1986. Blueprint ini akan menyebutkan kawasan inti dan kawasan penyangga, dan akan dilengkapi dengan Action Plan sebagai pedoman pelaksanaan bagi pihak-pihak yang terkait. Penyiapan Blueprint akan dikerjakan bersama dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) yang terkait dengan pengembangan situs tersebut, mengingat adanya berbagai kepentingan yang berbeda.

Bersamaan dengan itu juga diresmikan penggunaan situs www.forummajapahit.org yang dikelola Komunitas Peduli Majapahit, dengan penekanan tombol pertama oleh Direktur Jenderal Sejarah dan Kepurbakalaan Hari Untoro. Situs ini diharapkan dapat mengintegrasikan (interlinks) berbagai situs dan informasi yang berkaitan dengan Majapahit, baik di dalam maupun di luar negeri, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas (Komunitas Peduli Majapahit)