Touring ke luar kota beramai-ramai tentu sebuah hal yang sangat menyenangkan. Begitulah perasaan yang diutarakan Regional Community and Development Manager Head Quaters Ducati Surabaya, Louiz pada eastjavatraveler.com. Baginya berkelana bareng teman-teman dengan naik motor besar seperti Ducati, adalah pengalaman tak terlupa.

Apalagi saat bepergian ke daerah-daerah, dirinya dan kawan-kawan juga mengemban misi mulia, yaitu menebar virus kedamaian sekaligus untuk menepis persepsi negatif masyarakat akan komunitas motor. “Dengan program-program komunitas yang selama ini sudah dibentuk diharapkan setidaknya mampu menepis kesan negatif yang selama ini melekat pada para bikers moge,” ujar pria yang akrab disapa Pak Dhe ini.

Baginya cara ini juga bisa membawa banyak manfaat seperti, menyatukan visi dan misi, mengakrabkan hubungan baik bagi para bikers yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, membentuk hal-hal positif saat berada di lokasi wisata. Dia juga menilai, semakin banyaknya peminat moge di Surabaya secara tidak langsung menambah jumlah anggota komunitas.

ducati1 kecilPengaruh community dinilai banyak membawa dampak positif untuk menunjang perkembangan pariwisata di Indonesia. Berbagai program seperti menjaga lingkungan di lokasi wisata tidak dipungkiri telah banyak memberikan kontribusi yang positif untuk menarik minat wisatawan umum lainya. Sebagai komunitas, touring adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap pengenalan tempat – tempat wisata baru yang ada kepada masyarakat umum, karena secara tidak langsung mereka juga mengetahui kegiatan komunitas dalam bentuk dokumentasi acara dan sebagainya.

Pakdhe juga mempunyai anggapan semua hal tersebut seharusnya juga ditunjang dengan berbagai faktor seperti, penghijaun, kondisi jalan, keamanan dan fasilitas umum yang memadai. Menurut dia tempat favorit yang paling menarik untuk dikunjungi saat ini adalah wisata Jawa Timur tepatnya di Papuma, jember. Kondisi jalan yang relatif baik, menjadi pilihan bagi beberapa komunitas bikers. Dia juga berpendapat bahwa perbaikan kondisi wisata Jawa Timur sekarang ini semakin berkembang pesat, namun ada beberapa hal yang juga seharusnya diperhatikan untuk kenyamanan para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

naskah/foto: farid rusly