Bagi sebagian orang, berwisata tidak melulu diartikan sebagai aktifitas jalan-jalan ke gunung, pantai, atau tempat-tempat rekreasi lainnya. Bisa saja, berwisata dimaknai sebagai aktifitas berburu makanan dan minuman khas atau yang tak biasa. Kebutuhan berwisata yang akrab dengan sebutan wisata kuliner ini, kemudian disambut dengan maraknya menu khas resto dan hotel. Dengan berbagai proses kreatif, masing-masing menawarkan sensasi rasa yang berbeda.

Spirit ini juga yang dilakukan Tulip Restaurant di Hotel Bukit Daun, Kediri. Lewat proses panjang, pengelola resto ini terus berkreasi sehingga memunculkan menu-menu baru yang lezat dan mengundang selera.

Didukung panorama alam dan semilir angin lereng Gunung Wilis, Kabupaten Kediri, apa yang tersaji terasa makin berkesan dan tak terlupa. Semisal, Bukit Daun Salad yang diracik dari bermacam-macam sayur segar dan disajikan dengan saos 1000 pulau. Atau camilan khas Bukit Daun, seperti pisang goreng dan spring roll spesial.

Untuk makanan utama, chef resto ini siap menjamu kita dengan Nasi Item Bukit Daun, Nasi Pecel Pincuk Bukit Daun, Nasi Goreng Kawah Gunung Kelud, serta minuman alang-alang hangat, jus sehat, dan masih banyak lagi.

Nasi Item
Sajian kuliner yang satu ini merupakan salah satu menu khas di Bukit Daun Hotel and Resort. Nasi Item begitulah namanya, adalah menu makanan yang terbuat dari beras putih pilihan dan berbumbu dasar kluwak.

Menurut keterangan dari Executive Chef Tulip Restaurant Bukit Daun Hotel and Resort Suyitno, penggunaan kluwak ini untuk menciptakan rasa tinggi, enak serta lezat, dan warna hitam pada nasinya. Tak salah bila saat melahap nasi ini yang terasa di lidah adalah rasa kluwaknya yang sangat kuat dan legit. “Kluwak yang dipilih warnanya benar-benar hitam pekat, lalu ditumbuk bersama bumbu lainnya seperti sedikit sereh dan santan. Kemudian beras dimasak bersama aneka campuran bumbu tersebut,” ujarnya.

Nasi item ini disajikan dengan dibungkus daun dan berbagai macam lauk. Antara lain, ayam opor atau goreng, daging sapi goreng, sambal, campuran gorengan kering tempe, kacang, serta teri, serundeng, sate telur puyuh, acar, aneka sayuran yang diolah menjadi urap-urap, dan tak lupa dilengkapi dengan kerupuk udang.

Makanan ini sendiri terbilang jarang ditemui di Kabupaten Kediri. Karenanya, Suyitno tertantang untuk menciptakan menu nasi item. “Kami di sini ingin memberikan sajian kuliner yang tidak biasa dan khas,” tukas bapak dua anak ini.

Nasi Pecel
Biarpun sudah umum, namun sajian nasi pecel yang ada di Tulip Restaurant Bukit Daun Hotel and Resort diciptakan oleh chef di sini dengan citarasa sedikit berbeda. “Yang membedakan bumbu pecelnya kami olah dengan ebi dan rasanya tak terlalu pedas,” ujar Suyitno.

Nasi pecel di sini disediakan dengan lauk yang cukup bervariasi, seperti tahu dan tempe goreng, ayam, daging sapi goreng, dan masih banyak lainnya terserah selera pembeli. Tak lupa pula disertakan rempeyek kacang yang rasanya cukup gurih, dan juga sayuran khas nasi pecel.

Bila ingin, menu lainnya Anda dapat mencoba satu menu yang tak kalah menariknya. Yakni Nasi Goreng Kawah Gunung Kelud. Nasi goreng yang dimasak dan bentuknya berbeda pada umumnya. “Sesuai dengan istilahnya, maka nasi goreng di sini kami sajikan atau disusun seperti bentuk Gunung Kelud, sehingga harapannya dapat menjadi ciri khas di Kediri,” tutur pria berusia 35 tahun ini.

Nasi Goreng Kawah Gunung Kelud, terdiri dari telur puyuh, ayam yang masih ada sedikit tulang (chicken drum stick), daun seledri, dan kemangi. “Semua tersusun rapi menyerupai pemandangan kawah Gunung Kelud sendiri, nasi kami bentuk seperti gunungnya, dan lainnya seperti kawah,” imbuhnya.

Minuman Sehat
Untuk menunjang kesehatan tubuh, tak ada salahnya bila mencoba beberapa sajian minuman di sini. Seperti Alang-alang Hangat, Jus Sehat, dan aneka minuman menyegarkan lainnya.

Untuk minuman alang-alang, selain tersedia hangat, juga tersedia dingin. Minuman ini terbuat dari alang-alang yang direbus bersama gula batu, beberapa menit hingga daunnya naik ke permukaan air mendidih. Baru setelah itu siap disajikan. Bila Anda ingin dingin minuman alang-alang ini tinggal diberi es batu. Setelah itu rasakan kesegaran dari setiap tegukan aneka minuman yang ada di resto hotel ini. Ingin menikmatinya, datanglah ke Tulip Restaurant Bukit Daun Hotel and Resort, Jalan Agrowilis 777 Semen, Puhsarang, Kediri.

naskah dan foto : m. ridloi