Bagi Anda yang lagi menempuh perjalanan ke arah tapal kuda (Wilayah Pasuruan ke arah timur), mendadak ingin makanan yang menggoda selera, cobalah cicipi Kupang Kraton yang ada di Pasar Pertigaan Kraton, Pasuruan. Banyaknya lapak yang menawarkan kupang lontong membuat kita mudah menemuinya. Kebanyakan pedagang yang di lokasi buka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 8 malam.

Penyebutan kupang lontong Kraton, ya lantaran kupang yang dijual oleh pedagang di sana cara memperolehnya di pesisir laut utara, yang berada di laut di pinggir utara Pasuruan. Selain Pasuruan, di Jawa Timur penangkapan kupang dapat ditemui di daerah pesisir utara, antara lain di Pantai Surabaya dan Sidoarjo. Kupang diolah menjadi sebuah makanan yang khas yang hanya bisa ditemui di sekitar daerah penangkapannya. Kupang merupakan hewan laut semacam kerang, bentuknya kecil sekira 3-5 milimeter. Kupang adalah hewan yang hidup hanya di laut.

Kuliner kupang lontong Kraton secara sekilas dari segi tampilan hampir sama dengan kupang lontong dari Sidoarjo atau Surabaya. Namun, bila kita amati dan rasakan secara dalam, kupang kraton ini ada yang beda. Yakni pada jenis petisnya, yang terbuat dari bahan dasar kupang diolah dengan gula merah. Sedangkan kuahnya lebih bening atau tidak sekeruh kupang Sidoarjo. Lalu kupangnya berukuran sedikit lebih besar dan warnanya agak pucat.

Kemudian sajian itu disuguhkan di piring bersama lontong dengan perpaduan rasa manis dan agak sedikit kecut dari perasan jeruk nipis. Hmmm, dijamin bikin selera Anda tak sabar ingin segera melahapnya. Bagi yang suka pedas, bisa juga meminta ditambah cabe rawit. Sensasi rasanya pun menjadi lebih nikmat. Perpaduan antara manis, asam, dan pedas.

Bu Ning, salah satu penjual mengatakan, biasanya pembeli lebih suka dengan kupang lontong yang memadukan manis, asam dan pedas. “Kalau mereka dari mana sepertinya kebanyakan datang dari luar kota Pasuruan. Dari Malang, Blitar, Trenggalek, Kediri, dan masih banyak lagi yang kebetulan mampir pas menempuh perjalanan ke arah tapal kuda atau Bali,” ujar pemilik warung Kupang Lontong Bu Ning itu.

Menikmati kupang kraton biasanya lengkap dengan suguhan khas pendamping lainnya. Mulai dengan sate kerang, tahu goreng, lentho, botok kupang, dan pelasan kupang. Semua sangat nikmat dan patut dicoba. Apalagi harganya sangat terjangkau.

Salah satu hidangan pelengkap untuk kupang adalah sate kerang. Daging kerang yang sudah lepas dari cangkangnya lalu ditusuk dengan lidi. Sate kerang kerap disantap dengan sambel yang terbuat dari petis kupang yang dicampur dengan gula merah. Sate kerang dapat dimakan sekalian dengan kupang lontongnya. Tapi juga boleh disantap dengan dicocol ke sambel yang bisa diminta ke penjualnya. (naskah/foto: m.ridlo’i)