Semakin banyak alternatif melepas penat, salah satunya adalah dengan mengendarai si mobil mini yang biasa dikenal dengan sebutan gokart. Dalam gokart, ada banyak hal sekaligus bisa dirasakan.

Mulai dari lintasan, rintangan jalur, hingga kompetisi.Sisi ketertarikan gokart bagi warga Kota Surabaya misalnya, seperti yang dirasakan Amri, mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di kota ini mengaku sangat sering bermain gokart. Dia bermain gokart seminggu sampai empat kali, yang dilakukannya bersama kawan-kawan kuliahnya.

Alasannya mengapa menjadikan gokart sebagai sebuah pilihan. Pria 22 tahun itu mengaku mendapatkan sesuatu yang lebih saat mengandarai mobil gokart di sirkuit. Mungkin juga baginya gokart adalah sebuah pelampiasan dari kesukaannya pada dunia balap mobil. “Dari pada saya main kebut-kebutan dijalan, kan mendingan balapan gokart bersama kawan-kawan,” akunya.

Selain itu, menurut Amri, hal lain yang diperoleh dari bermain gokart adalah adrenalin kita akan diuji. “Kalau hiburan tak ada tantangannya mengapa disuka. Apalagi yang berjiwa muda pasti berani menerima segala tantangan dan resiko, seperti yang ada di gokart,” imbuhnya.

Senada dengan Amri, Gustav Ar-Rahman, salah satu pehobi gokart di Surabaya yang ditemui EastJava Traveler di Arena Gokart Rental Vircuit Central Point di Jalan Ngagel Surabaya menjelaskan, dirinya atau beberapa penggemar gokart lainnya merasakan, saat bermain seperti mendapat tantangan memacu adrenalin.

“Apalagi pas ada orang lain yang memecahkan rekor kecepatan kita, pasti kita akan ketagihan atau ingin bermaksud membalasnya dengan kembali mencatat rekor,” kata Gustav.

Terlebih lagi kata Gustav saat di tengah perlintasan, dirinya membayangkan sedang berlaga di sirkuit balap mobil formula sungguhan. “Hitung-hitung sambil bergaya atau berlagak bagai pembalap beneran, pacu dan pacu kecepatan untuk menjadi yang terbaik,” tambahnya.

Sementara itu, meski di Surabaya permainan gokart masih minim peminat, masih banyak harapan bermunculan. Seperti diutarakan Reza Musa Temenggung, pemilik Gokart Rental Vircuit di Central Point. “Semoga masyarakat Surabaya nantinya dapat lebih banyak mengenal gokart,” ujar bapak satu anak itu.

Bagi Reza sebelum dia membuka usaha menyediakan permainan gokart, sejak lama dia merasakan adanya aspek kesenangan yang penuh tantangan saat bermain gokart. Dan, dalam memainkannya pun tak memerlukan teknik khusus, hanya butuh faktor kebiasaan memacu kendaraan dengan cepat hingga lihai melewati bermacam tantangan.

Dari segi tantangan bila Anda bermain gokart biasanya ada pada kondisi jalan yang dilewati oleh kendaraan gokart. Juga pada sisi pengenalan medan sirkuit, entah itu belok-belokannya ataupun suasana di sekitar lintasan. Akan tetapi yang patut diperhatikan Anda harus merasa tenang apabila bermain gokart dilakukan dengan adu kecepatan bersama peserta lain. “Biarkan musuh kita mengancam, yang penting harus fokus dengan apa yang ada di depan ditambah dengan makin melaju kencang gas mobil gokart kita,” kata Gustav lagi.

Asal tahu saja, dalam gokart, faktor kecepatan cukup bervariasi. Misalnya sebutan Superkarts yang lazim digunakan untuk kecepatan melebihi 260 km per jam. Bandingkan dengan go-karts, yang terbatas pada kecepatan yang tidak lebih dari 24 km per jam. Sebuah Kf1 kart, dengan mesin 125 cc 2-langkah dan berat keseluruhan termasuk pengemudi yang terdiri dari 150 kilogram memiliki kecepatan tertinggi 137 km per jam. Dibutuhkan waktu 3 detik lebih sedikit untuk kecepatan 0-96 km / jam dengan 125 cc shifter kart (6 gigi), dengan kecepatan tertinggi 185 km per jam pada rangkaian panjang.

Ingin lebih aman saat bermain gokart, pihak pengelola biasanya menyediakan peralatan pengaman saat melaju. Seperti helm, sarung tangan, pelindung kaki, dan dapat pula mengenakan sepatu khusus balap mobil.

m. ridloi | foto : wt atmojo