Karenanya banyak salon, sebagai sebuah gerai usaha perawatan tubuh mulai menyediakan layanan lengkap. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Alasan inilah yang bikin sebagian orang baik wanita atau laki-laki gemar datang ke salon.

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata salon. Sebuah tempat yang dulu identik dengan kaum hawa. Namun, kenyataan itu telah bergeser yakni sekarang salon pun telah di minati oleh kaum adam. Ya gaya hidup metroseksual kini telah mulai marak diperbincangkan.

Saat sekarang ini salon bisa dikatakan sebagai rumah kedua bagi konsumen aktif pengguna jasa salon. Dan ini tidak hanya di dominasi oleh kaum hawa saja. Kaum adam pun mulai sering menggunakan jasa salon. “Ada jumlah peningkatan konsumen, sekarng cewek cowok udah berimbang,” ujar Audid, pemilik Salon Shinjuku Hair Make, Surabaya.

Dulu salon hanya sebagai tempat untuk merapikan rambut. Tapi saat ini seiring dengan perkembangannya, pengguna jasa salon tak hanya merapikan. Tetapi juga mempercantik diri. Mulai dari pewarnaan, pelurusan rambur, keriting, perawatan sampai dengan hair extension. Bahkan terkadang hanya untuk mencuci rambut.

“Salon sekarang ini di tuntut untuk lebih professional. Untuk tuntutan gaya hidup masyarakat yang ingin tampil beda,” ungkap Anton, Professional Consultant di Excellence Beauty Lounge ini.

Selain perawatan rambut, mereka para produsen kecantikan pun terus berinovasi terhadap macam servis yang di hadir kan. Di beberapa salon ada perawatan mani padi, yakni perawatan tangan dan kaki, facial untuk wajah sampai pada pijat refleksi. Tak jarang mereka para lelaki juga menggunakan jasa ini. Dan dibeberapa salon lainnya pun tak hanya menyediakan jasa untuk rambut saja. tetapi ada juga dari rambut sampai ujung kaki.

Dan salon saat ini pun lebih memperhatikan interior ruangannya. Lebih banyak yang memberi kesan rileks dan santai agar konsumennya pun merasa nyaman. Dan beberapa salon pu pada selang waktu tertentu mengubah tatanan ruangan agar konsumen tidak merasa bosan dengan ruangannya.“Ada perubahan, setiap setahun atau dua tahun tata ruangnya diganti supaya tidak monoton” terang Jaffrey, Wakil dari House of Goen.

Tak heran jika saat ini salon menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat metropolitan, karena dari produsen kecantikan ini sendiri pun juga menghadirkan segala sesuatu yang mereka butuhkan setelah melewati rutinitas harian yang membuat mereka merasa penat.

naskah dan foto : laurensia vianey