Keselamatan diri tentu suatu hal yang sangat penting. Karenanya tak salah bila kita meluangkan waktu untuk mempelajari beberapa teknik ketika mendadak mendapat serangan dari orang lain.

Sore itu, Lukman Hakim terlihat sedang menunggu beberapa orang lagi. Kebetulan waktu itu mereka akan mempersiapkan latihan sebuah cabang seni bela diri. Yakni Aikido sebuah seni beladiri dari Jepang, dan Lukman dikenal sebagai seorang pelatih beladiri ini.

Dari keterangannya, Aikido adalah teknik beladiri yang menyalurkan tenaga lawan. Secara garis besar teknik perpaduan dari melempar, mengunci, dan membanting tubuh lawan. “Jadi, kita kalau bisa bertahan dulu jika diserang orang lain, baru setelah itu berpikir melakukan serangan balik,” imbuh Lukman.

Aikido sebenarnya bukan hanya suatu seni untuk membela diri. Akan tetapi merupakan suatu cara untuk menemukan diri kita sendiri, dan pengembangan karakter. Setiap orang akan mempunyai cara yang berbeda dalam berlatih, tetapi jika Anda tetap berlatih dengan rajin, maka akan dapat menemukan banyak pengembangan dalam kehidupan.

Keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh misalnya, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memperbaiki rasa percaya diri. Konsep paling dasar dari Aikido sendiri adalah keharmonisan dengan lawan atau orang yang menyerang kita.

Dalam prakteknya, seorang yang berlatih Aikido akan menggunakan kekuatan si lawan, untuk melawannya digunakan gerakan mengunci dan melempar. Ketika kita ditarik, akan bergerak ke arah si penyerang. Atau ketika di dorong, kita akan bergerak berputar untuk menghindar. Dengan cara ini, Aikido membuat merubah keadaan menjadi serangan yang tak terlalu mengancam. Dalam posisi yang lemah, si penyerang akan menjadi sasaran dari berbagai kontrol. Melempar, mengunci, atau membanting tubuh lawan.

Untuk mempelajarinya, kini Anda tak perlu bingung di mana berada. Terlebih bagi warga CitraLand Surabaya. Lantaran mulai 15 Mei 2010 lalu, telah dibuka sebuah tempat yang menyediakan belajar seni beladiri Aikido. Beralamatkan di A-10 G-Walk CitraLand Surabaya.

Menurut Lukman Hakim yang juga selaku penanggung jawab, enaknya belajar Aikido ditempatnya ini, karena akses begitu mudah, murah, dan didukung ruangan latihan yang sangat memadai. “Jadi datanglah, dan mulai berlatih seni beladiri ini untuk keharmonisan hidup Anda,” tukasnya.

naskah : m. ridlo’i | foto : wt atmojo | sumber : CitraLand Life Style Magazine