Pengembangan wisata minat khusus di Jawa Timur terus diupayakan. Hal ini yang mendasari diadakannya lokakarya peningkatan dan pengembangan wisata khusus Jawa Timur, di Hotel Tretes View pada 15-16 April lalu.

Acara ini merupakan program perencanaan pengembangan dan peningkatan wisata minat khusus. Terutama untuk obyek wisata yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Rudi Priyanto, selaku Kepala Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur mengatakan, dalam acara ini diharapkan adanya rumusan atau planning tentang pengembangan wisata minat khusus di propinsi ini. Misalnya Wisata Alam Camp Baung dan Desa Wisata Tutur Nongkojajar.

“Sehingga dengan berakhirnya lokakarya ini diharapkan ada rumusan terbaik untuk pengembangan serta peningkatan wisata dengan minat khusus,” kata Rudi.

Guna menambah wawasan tentang keadaan dan potensi desa wisata. Di hari kedua Panitia dan sebanyak 40 peserta lokakarya yang berasal dari para pengelola wisata (stakeholder) Jawa Timur, bersama-sama mengunjungi (famtrip) ke lokasi desa wisata terpadu di Kecamatan Tutur Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan.

naskah dan foto : dhimas p