loko cafe-05Menikmati segelas minuman sembari menunggu jadwal keberangkatan kereta, mungkin sudah jadi barang biasa saat berada di stasiun. Berbagi duduk dengan orang berbagai tujuan, melihat keramaian lalu lalang.

Tapi mungkin akan jadi lain ceritanya, jika anda menunggu kereta sembari menyantap waffel atau menikmati secangkir kopi, lengkap dengan udara sejuk yang nyaman. Kenyamanan menunggu kereta seperti ini, bisa anda nikmati di Loko Cafe, tepatnya di Stasiun Gubeng Surabaya.

Sesuai dengan namanya, Loko Cafe didesain berdinding kaca. Sehingga memungkinkan anda untuk melihat langsung, kereta mana saja yang tiba dan meninggalkan stasiun.

loko cafe-06Mengusung konsep eropa klasik, cafe yang didirikan oleh PT. Reska Multi Usaha, anak perusahaan PT. KAI ini, didominasi warna coklat, hitam, dan kuning, sehingga terkesan teduh. Kenyamanan itu pun, banyak dirasa para pengunjung, misalnya saja laki-laki yang duduk di meja nomer empat.

“Baru pertama kali ke Loko Cafe, suasananya lumayan nyaman. Ini tadi saya pesan Waffel sama Ice Cream Vanili, rasanya enak, pas. Sebenarnya nggak sengaja kesini, liat ada Cafe kok lumayan adem, sekalian nunggu kereta jam tujuh malam nanti,” ujar Arkanudin (45), pria asal Solo ini, sambil tersenyum.

Sejak berdiri tanggal 10 Bulan April 2015 lalu, Loko Cafe seakan menjadi daya tarik lain bagi pengunjung Stasiun Gubeng. Ini tak lepas dari kenyamanan tempat, dan fasilitas yang telah disediakan.

“Cafe, di stasiun Surabaya mungkin baru kali ini ya. Kalau warung makan kan banyak. Selain tempatnya yang dibikin moderen, ada fasilitas wifi. Harganya pun besahabat,” tutur Dika, Officer Resto and Loko Cafe Surabaya.

Tempatnya yang asik, dengan berbagai menu makanan yang ditawarkan, membuat cafe ini banyak dilirik sebagai tempat melaksanakan beberapa even. Misalnya meeting, perayaan ulang tahun, arisan, bahkan prewedding.

“Ya, karena viewnya bagus. Apalagi kalau sudah beranjak malam, makin bagus, kalau mau ada acara harus reservasi dulu ke saya, di nomer 0822 1488 8826, atau melalui email [email protected],” tambah perempuan asli Jakarta ini sembari membenarkan rambut panjangnya.

Buka pukul 06.00 WIB sampai 22.00 WIB, Loko Cafe ramai di jam-jam tertentu, “Kalau jam ramai, sekitar jam empat sore sampe malam,” ungkap perempuan 24 tahun ini menjelaskan.

Menu Istimewa
Disamping suasana nyaman, puluhan menu pun ditawarkan. Mulai dari minuman, dessert, hingga makanan berat seperti nasi.

Untuk menu andalan, Cafe Loko menawarkan empat hidangan istimewa. Yaitu Tongseng Bebek, Nasi Goreng Rawon, Bebek Mayor, dan Lontong Gokil. Empat menu Nusantara ini diinofasi oleh chef ahli Loko Cafe menjadi perpaduan rasa yang khas. Misalnya saja tongseng, yang biasanya ditemui dengan daging kambing, kini lebih gurih dan segar dengan daging bebek muda.

Untuk Nasi Goreng Rawon, chef Loko Cafe menyajikan rasa lain dari rawon itu sendiri. Biasa ditemui dengan kuah dan sambal, rawon kali ini diolah menjadi Nasi Goreng dengan campuran daging, bumbu rawon, dan pedas yang bisa disesuaikan menurut selera. Pun tak lupa telur asin sebagai pelengkap rasa.


Namun jika anda hanya ingin menikmati makanan ringan, ada beberapa pilihan yang cocok, seperti Lumpia Bohay dengan isi sayur dan irisan daging ayam, Tuna Sandwich, Omelette, atau bahkan Spaghetti Bolongnese.

naskah : pipit maulidiya | foto : rangga yudhistira