Sebanyak 29 grup putra dan 13 putri, turut meramaikan Lomba Dayung Perahu Naga Piala Walikota Surabaya. Diikuti dari berbagai elemen masyarakat. Dimulai dari TNI, dinas pemerintahan, pelajar maupun mahasiswa.

“Ada juga yang grup berasal dari luar kota, seperti Pasuruan dan Sidoarjo,” kata Afghany Wardhana, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya.

Ia menambahkan, tiap perahu akan diisi oleh 10 pendayung. Dibagi menjadi dua lintasan untuk melintasi trek sejauh 250 meter. Acara ini memang menjadi salah satu agenda yang diadakan guna memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke-723. Berlangsung dua hari, 21-22 Mei di Sungai Kalimas, acara tahunan ini rencananya akan dibuka oleh Walikota Tri Rismaharini.

Selain memperingati HUT Kota Pahlawan, ini juga menjadi program PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Kota Surabya. Sekaligus
memberikan kesempatan atlet muda menguji kemampuannya.

“Harapannya, kembali lagi bisa membangkitkan semangat para atlet. Apalagi kita sudah memenangkan juara dua lomba dayung internasonal Makassar lalu,” ujarnya merujuk ke Losari Internasional Dragon Boat pada 2014 lalu.

Tak lupa, lanjutnya, juga mengingatkan kembali bahwa Kalimas dulu sebagai lalu lintas perdagangan. Kita mengingatkan untuk masyarakat akan itu. Dengan begitu, timbul kesadaran untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai.

naskah : fahmi azis | foto : zulfikar firdaus