Kue lumpur adalah salah satu jajanan tradisional turun temurun sejak dulu. Bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya keberadaaan Kue Lumpur Bu Lilik sudah tak asing lagi. Keberadaannya di bilangan Jalan Hang Tuah 45 Sidoarjo seakan tak pernah surut oleh pembeli.

Kue Lumpur Bu Lilik terkenal karena citarasanya. Dari bentuk dan tekstur kue lumpur Bu Lilik tak jauh berbeda dengan jajanan kue lumpur lain. Namun pendapat ini akan berubah setelah mencobanya langsung. Bentuknya yang bulat dengan tekstur lumer dan legit rasanya di mulut sungguh memanjakan lidah.

kue lumpur 3kue lumpur 2Saat mendatangi lokasi, anda bisa langsung melihat proses pembuatannya di teras rumah. Sebaris kompor berjajar telah disiapkan. Kemudian adonan campuran tepung dan telur dituang ke dalam wadah yang telah diisi parutan kelapa. Proses selanjutnya kemudian menutup dengan tungku berisi arang lalu setelah beberapa saat proses diakhiri dengan mengangkat adonan yang telah matang. Kue lumpur yang hangat ini pun mengeluarkan aroma harum menggoda indera.

“Pembeli ada yang dalam kota dan luar kota. Seperti Pasuruan, Gresik, Malang, Bangil dan Madura. Pembeli juga sering memesan untuk pengajian dan sunatan,” jelas Lilik. Selain kue lumpur, kita juga bisa membeli jajanan lain untuk oleh-oleh seperti pie buah, kue cum-cum, lumpia, roti kukus yang menurut Lilik adalah titipan tetangga sekitar.

Soal harga kue lumpurnya, pembeli tak perlu kuatir. Karena harga yang ada di rumah usaha yang buka hampir setiap hari kecuali Senin ini sangat terjangkau.

naskah|foto : muchson darul fatoni