Dicky Agietama dari Kabupaten Jember dan Maria Agustina dari Kabupaten Malang boleh tersenyum bangga. Karena di malam puncak Grand Final Raka dan Raki Jawa Timur 2009, di Gramedia Expo, Surabaya, Sabtu (21/03) lalu, mereka terpilih sebagai Raka dan Raki Jawa Timur 2009.

Dibuka Gubernur Jatim Soekarwo, para finalis yang semula berjumlah 35 pasang diciutkan menjadi 10 pasang finalis. Melangkah ke babak berikutnya sepuluh pasang finalis terpilih diharuskan menjawab pertanyaan seputar pariwisata di Jatim.

Sepuluh pasang itu, kembali diciutkan menjadi lima pasang finalis. Setelah dihibur penampilan Jikustik, mereka kembali diberi pertanyaan penentu seputar visi dan misi duta wisata jatim. Level pertanyaan ini sedikit berbeda dengan pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

Dalam sambutannya, Soekarwo mengatakan, bagi siapapun yang terpilih menjadi Raka dan Raki Jatim harus mampu membawa nama baik propinsi ini. “Terutama dalam mempromosikan Jawa Timur, baik di dalam negeri maupun dalam kancah internasional,” tegasnya.

Setelah melalui babak final, akhirnya terpilih Dicky Agietama dari Kabupaten Jember dan Maria Agustina dari Kabupaten Malang, sebagai Rak-Raki Jatim 2009. untuk wakil I, terpilih Raka Lutfi Nurjaman dari Kota Surabaya dan Raki Mayra Samsia dari Kota Malang. Berturut-turut, Wakil II Raka Tri Aditya dari Kabupaten Pamekasan dan Diah Nurani Handoko dari Kota Surabaya.

Naskah dan foto : dhimas prasaja