Menyambut liburan Hari Raya Idul Fitri bagi kebanyakan masyarakat adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Tak hanya itu, bagi anak – anak waktu liburan panjang ini juga merupakan kesempatan yang cocok untuk berlibur mengunjungi lokasi wisata yang jauh dari tempat tinggal mereka. Lengkap dengan segala tawaran yang menarik dari berbagai tempat wisata mulai dari fasilitas yang nyaman, hingga segudang permainan yang seringkali membuat enggan untuk beranjak dari tempat wisata tersebut.

Namun disisi lain, hal tersebut akan sedikit berbeda bagi sebagian masyarakat yang memiliki kampung halaman tidak jauh dari tempat tinggal mereka atau memilih untuk tetap tinggal karena berbagai alasan, khususnya bagi yang tinggal di tengah Kota Surabaya.

Seperti halnya kawasan Jembatan Suramadu yang selalu tampak ramai pengunjung pada sore hari, lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Surabaya atau Madura sendiri untuk mengisi waktu liburan di sore hari.

Berbagai aktifitas dilakukan pengunjung, seperti mencari kerang dan berbagai hewan laut atau hanya sekedar menikmati pemandangan sore hari bagi para wisatawan luar daerah yang memilih liburan kali ini di Surabaya.

Cukup dengan membayar biaya seharga Rp.2000 untuk kendaraan bermotor, para pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan Jembatan Suramadu dari sisi Surabaya. Tak hanya itu, bagi para nelayan sekitar moment liburan ini juga dimanfaatkan sebagai ladang bisnis.

dengan bekal perahu yang mereka gunakan sehari – hari untuk berlayar, saat sore hari atau ketika liburan perahu akan mereka manfaatkan untuk wisata mengelilingi bawah jembatan suramadu. Dengan harga tiket perahu Rp. 5000 per orang, pemilik perahu akan membawa para pengunjung untuk melihat dari dekat tepat ditengah Jembatan Suramadu.

“Meskipun sedikit kotor, lokasi ini hampir tidak pernah sepi saat liburan menjelang Hari Raya Idul Fitri kali ini”, menurut Fauzan, pengunjung dari Madura yang rutin memanfaatkan wisata Suramadu. Lokasi ini juga sangat cocok untuk alternatif liburan dengan harga terjangkau, menariknya lagi berbagai hiburan hingga kuliner dadakan juga tersedia di lokasi saat sore hari, imbuhnya.

naskah dan foto : farid rusly