Di Kota Surabaya, tepatnya di Peneleh, sejak puluhan tahun silam hingga kini juga terkenal dengan kue bikangnya. Bahkan, di kota ini, Bikang Peneleh dapat dibilang sebagai salah satu pusaka kuliner yang masih tersisa. Kue bikang, bagi Anda penggemar jajanan tradisional pasti tahu jenis makanan ini. Kue yang berbentuk bundar dan sekilas teksturnya tampak seperti sarang semut ini sangat cocok menjadi kudapan ringan di saat santai.

Jajanan ini dapat dengan mudah Anda temui. Di pasar tradisional, di beberapa pasar swalayan, atau di penjaja kue-kue basah atau jajanan pasar yang sering kita temui. Namun apakah Anda, sempat terlintas untuk pernah mencoba kue bikang peneleh?

Secara bentuk dan tekstur bikang peneleh ini tak beda dengan bikang lainnya. Namun soal rasa jelas bikang peneleh ini menawarkan rasa yang berbeda dari bikang kebanyakan.Ya, pembuat bikang peneleh ini mencoba menghadirkan makanan dari bahan sederhana, seperti tepung beras, gula dan santan menjadi kudapan yang lezat.

Kesan pertama yang dihadirkan dari bikang peneleh ini adalah warna yang menarik. Di tampilkan dengan warna coklat dan hijau yang berpadu dengan warna putih nya santan. Sehingga menyajikan kombinasi warna menarik. Akan tapi Anda tenang saja pewarna yang dipakai adalah pewarna alami.

“Kami menggunakan pewarna alami. Yang warna hijau itu dari daun pAndan. Dan yang coklat itu dari bubuk coklat dan moka” terang Andi, bagian keuangan Toko kue bikang Peneleh ini. Selain itu aroma yang khas dari gurihnya santan dan manis yang dimunculkan dari bikang peneleh ini, cukup menggoda untuk segera melahapnya hingga habis.

Ketika Anda mulai mengigit, akan mendapati tekstur yang lembut dengan komposisi gurihnya santan dan rasa manis yang seimbang. Perpaduan itu di tambah dengan aroma khas pandan ataupun coklat moka yang menambah kenikmatan dan kekhasan kue ini.

Anda bisa mendapatkan bikang peneleh ini dengan harga perpotong yang dipatok Rp 3.500. Selain bikang, toko Kue bikang Peneleh ini juga menyediakan aneka jajanan kue basah yang tak kalah menarik. Anda bisa mendapatnya di toko Kue bikang Peneleh berlamatkan di Jalan Peneleh 32-34, Surabaya. Atau juga dapat di temui di Pasar Atum stand promosi tahap III, Surabaya.

Menariknya lagi, kue Bikang Peneleh ini tidak hanya dapat diperoleh di Kota Surabaya saja. Tapi juga di Proyek Senin (blok III) blok CKS no. 237, Jakarta Pusat. Serta ada juga di Belimbing25, Denpasar-Bali.

naskah dan foto : laurensia vianey