IMG_20150910_103412

Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan Persatuan Layang-layang Surabaya (Perlabaya) siap menggelar Festival Layang-layang 2015 di Side Area Long Beach Selatan, Pakuwon City, Surabaya, 12-13 September 2015 mendatang. Rencananya, event ini akan dibuka pada 13 September 2015 pukul 10.00 WIB oleh Walikota Surabaya.

Sumber dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menyebutkan, acara ini bertujuan untuk menunjang potensi pariwisata Kota Surabaya, sekaligus melestarikan budaya permainan layang- layang yang ada di masyarakat. Selain itu, pemkot juga ingin meningkatkan apresiasi masyarakat tentang budaya, khususnya layang-layang dan memberi hiburan yang berkualitas kepada masyarakat. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan ketrampilan membuat layang-layang kepada siswa sekolah.

Lomba yang digelar dalam festival ini meliputi beberapa kategori. Yaitu layang-layang kreasi 2 dimensi (2D), 3 dimensi (3D), layang-layang train naga, dan layang-layang Rokkaku Challange.

Secara umum, festival ini nanti akan menampilkan sejumlah layang-layang terbaik dari para peserta, baik layang-layang dengan design tradisional maupun kreasi modern. Lalu digelar pula workshop, bazaar layang-layang, bazar kuliner, dan demo kegiatan dirgantara AL seperti aeromodelling, dan paramotor sebagai kegiatan ekshebisi.

Festival yang didukung oleh PT Pakuwon City ini diikuti pelayang dari delapan propinsi di Indonesia, plus peserta dari 36 club layang-layang. Ditambah 20 peserta dari lima Malaysia, Swedia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Macau. Total jumlah partisipan mencapai lebih dari 120 peserta.

Kontes Foto
POSTER-KONTES-FOTO-INSTAGRAMMeramaikan festival ini, panitia juga menggelar Kontes Foto Instagram Festival Layang-layang 2015. Kontes ini digelar secara cuma-cuma. Untuk bergabung dalam kontes ini, peserta cukup datang ke lokasi festival, lalu memotret sepanjang acara kemudian diupload ke Instagram.

Follow account instagram @indonesiaimages, lalu upload foto dengan menggunakan hashtag #kontesfotoFLS2015 #festivallayanglayangsurabaya2015 #sparklingsurabaya #indonesiaimages #indonesiadiscovery. Kemudian mention @indonesiaimages.

Karya diupload selambat-lambatnya Minggu (13/9) jam 23.59 WIB. Selanjutnya dilakukan penjurian oleh tim editor foto indonesiaimages.net. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 16 September di web www.indonesiadiscovery.co, www.eastjavatraveler.com dan account IndonesiaImages di Instagram.

Lima peserta dengan foto terbaik akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp 500 ribu plus merchandise dari sponsor.

hendro d. laksono | foto : eric ireng