Minggu (24/5) malam, Jalan Tunjungan, Surabaya, nampak berbeda. Di sepanjang jalan, kios-kios berjajar rapi lengkap dengan aneka produk kuliner dan meja-kursi yang tersusun rapi di setiap sisi jalan.

“Kapan lagi bisa kumpul bareng keluarga. Mumpung ada Festival Kuliner Tunjungan,” kata Dedi Bagus, salah satu pengunjung.

Di tengah keramaian, berdiri panggung hiburan yang menyuguhkan penampilan seniman asli Jawa Timur, Kartolo dan kawan-kawan. Dengan gayanya yang khas, mereka menghibur tak kurang dari 3000 pengunjung.

Di sisi lain, berbagai macam kios kuliner berdiri dan siap memuaskan pengunjung festival. Makanan yang disajikan mulai dari menu lokal Surabaya, Nusantara, bahkan makanan dan minuman mancanegara.

Salah satu kios yang paling diminati pengunjung adalah Kios Jamu Iboe, kios yang menjual jamu tradisional kebanggaan Indonesia. “Untuk hari ini saja, dalam lima jam, kami sudah menjual 800 cup,” ucap Tri Kamandanu, penjaga kios.

Event seperti ini nampaknya telah diminatai warga. “Saya berharap, acara seperti ini tidak hanya diadakan setahun sekali. Kalau bisa sebulan sekali,” kata Handayani, pengunjung festival yang malam itu datang bersama keluarganya.

naskah dan foto : aditya poundra