Berkunjung ke Madura sayang jika tak meluangkan waktu untuk singgah ke beberapa pulau yang ada di beberapa ruas kawasan pulau garam ini. Seperti tawaran eksotika Pantai Camplong mata tak kuasa melempar pandang di batas langit dan birunya air.

Melancong ke Madura, ibarat berwisata laut. Keunikan khas budaya dan letak geografis Pulau garam tersebut seakan tak bisa digantikan dengan lainnya. Desir rayuan pantainya dan buih ombak lautan yang tenang dan menggoda siapa saja yang mengunjunginya.

Ada banyak objek wisata pantai yang dipunyai Pulau Madura. Salah satunya yaitu Pantai Camplong, yang terletak di sisi selatan Madura. Letaknya sekitar 8 kilometer ke arah timur dari Kota Sampang, tepatnya di Desa Dharma Camplong, pantai landai dengan pasirnya yang putih siap menggoda siapa saja yang lewat di sepanjang jalan pesisir selatan Kabupaten Sampang ini.

Ditempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil dari Surabaya lewat Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Madura ini, pengendara yang menempuh perjalanan di pesisir Sampang akan disuguhi hamparan hutan bakau dan birunya laut selatan Pulau Garam.

Di pantai ini pengunjung dapat bermain pasir dan mandi di lautan dengan ombak yang tenang dan tak seberapa dalam, sehingga dapat dijadikan alternatif yang paling diminati oleh pengunjung. Bila cuaca cerah misalnya, di sore hari pengunjung dapat menikmati indahnya panorama saat matahari mulai tengggelam, juga sambil menengguk kelapa muda dan menghabiskan senja di Camplong adalah hal yang tak terlupakan.

Hal ini seperti yang diutarakan salah satu pengunjung Wisata Camplong yang ditemui EastJava Traveler, Agus Susatyo, 37 tahun, wisatawan asal Surabaya ini mengakui jika pemandangan Pantai Camplong terbilang enak dikunjungi meskipun lokasinya berada di kawasan terik matahari yang menyengat. “ Di sini hawa yang terasa sejuk dan nyaman untuk berwisata bareng keluarga, apalagi dekat pantai ini ada tempat menginap dan bersantai yang memadai,” ujarnya yang saat itu datang bersama keluarganya.

Setelah puas dengan suguhan tersebut, tak lengkap bila tak mampir ke pantai Camplong. Ketika memasuki kawasan Pantai Wisata Camplong, suasana segar terasa di sela-sela pohon cemara. Fasilitas yang siap mendukung untuk menikmati indahnya pantai adalah Hotel Wisata Camplong yang dilengkapi dengan 22 kamar berkonsep cottage ini. Ada juga restoran dengan konsep joglo terbuka untuk melengkapi waktu bersantai sambil menikmati suasana pantai sembari menikmati aneka hidangan yang tersedia. (naskah/foto: frannoto)