Ratusan orang tampak memadati area parkir utara Plaza Araya Malang. Beberapa stan tenda dikerumuni oleh puluhan orang, sebagian dari mereka sedang asik duduk bersantai menikmati aneka sajian kopi. Begitulah suasana malam akhir pekan dalam Malang Coffee Festival 2012.

Festival yang dimeriahkan oleh berbagai penggiat kopi ini diselenggarakan sejak 28 sampai 30 September 2012. Malang Coffee Festival 2012 sendiri menghadirkan berbagai stand yang diisi oleh berbagai penggiat kopi. Dari produsen biji kopi, pengolah biji kopi, produsen mesin kopi, juga beberapa kafe yang diundang untuk melayani pembeli.

Beberapa coffeeshop seperti My Kopi, Coffee Story, Toffin Product, dan Sensa Koffie ikut memeriahkan festival ini. Dengan memboyong properti kafe beserta barista ahli tiap-tiap kafe melayani pengunjung yang ingin menikmati kopi. Dengan lihai dan handal sang barista melayani pengunjung yang datang ke kedai kopi mereka. Puluhan orang tampak mengantri sambil melihat sang barista memamerkan keahliannya meracik kopi.

Selain partisipan dari kafe, produsen kopi yang melengkapi rangkaian festival kopi juga tak mau kalah.Beberapa produsen kopi dari Bondowoso, Jombang, dan NTB ikut memeriahkan festival di akhir pekan ini. Produk-produk andalan disediakan untuk mempromosikan biji kopi terbaik mereka. Disini biji kopi dijual fresh langsung dari mesin penggiling kopi. Selain bisa membeli produk kopi terbaik, pengunjung juga bisa melihat proses penggilingan secara langsung.

Selepas jam kerja pengunjung bertambah dan semakin larut malam acara kian meriah. Terlebih lagi ketika disuguhkan performa musik untuk menghibur pengunjung. Kapan lagi bisa menikmati kopi di tenda dengan suguhan romantis musik jazz kalau bukan di Festival Kopi.

naskah | foto: arif furqon