Batik dari berbagai daerah di nusantara buatan anak negeri, kembali dipamerkan di Pesona Batik Indonesia di Atrium Tunjungan Plaza 1 Surabaya. Acara yang digelar mulai 25 – 30 November 2013 ini, diikuti lebih dari 20 stand yang berasal dari berbagai daerah.

Pameran yang dimulai pukul 10.00 – 22.00 WIB ini nampak ramai dikunjungi pengunjung, tidak hanya orang tua tetapi kaum muda pun banyak terlihat. “Kampus saya sering mengadakan kegiatan dan mewajibkan mahasiswa untuk mengenakan batik, makanya saya datang kesini. Pilihan batiknya sangat bervariasi dan harganya juga terjangkau,” ungkap Lidya, salah satu pengunjung.

Dalam pameran ini, pengunjung dimanjakan dengan berbagai pilihan jenis batik dari berbagai daerah seperti Madura, Pekalongan, Nusa Tenggara Timur, Bali, yang dipamerkan hingga seminggu kedepan. Tidak hanya itu pengunjung juga dapat melihat aksesoris, tas, baju yang dibuat sendiri oleh para pengrajin batik. Batik-batik dengan berbagai macam corak dan warna. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai 100 ribu hingga jutaan rupiah.

Pameran ini diadakan untuk tetap melestarikan Batik yang merupakan warisan bangsa yang patut untuk dilestarikan. Acara ini juga digunakan untuk mempromosikan produk-produk dari pengusaha-pengusaha home industry yang produknya mereka buat sendiri. “Dengan adanya pameran ini, semakin membantu saya dalam mempromosikan batik-batik saya. Selain itu, juga meningkatkan financial usaha saya”, kata Sri, salah satu penjual batik.

naskah/foto : nadia jayanti