Bagi pecinta kuliner, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat makanan legendaris yang ada di dalam Pasar Blauran, Surabaya. Pasar Blauran bisa dibilang terlama dan terlengkap untuk kategori kuliner di Surabaya yang masih tetap bertahan hingga sekarang.

Pasar ini terbagi menjadi tiga lantai yang cukup luas. Khusus bagi penggemar kuliner, masuk dari pintu utama lantai satu di Jalan Kranggan akan menemukan berbagai makanan khas dengan berbagai citarasa menggoda selera. Dari siang hingga malam hari berbagai sajian seperti dawet, lontong mie, tahu petis, lontong balap, rujak cingur tersedia dalam porsi lebih. Namun yang paling terkenal di Pasar Blauran adalah Es Dawet khas Surabaya.

dawetEs Dawet di Pasar Blauran sudah terkenal sejak tahun 90-an. Citarasa yang khas dan kesegaran terdapat di dalam es dawet ini. Terbuat dari tepung beras dengan pewarna alami dari daun pandan. Kemudian ditambah berabagai topping seperti ketan hitam, mutiara, bubur halus, gula Jawa dan biji salak yang akan menambah nikmatnya minuman ini. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi hanya Rp 5.000 saja. Minuman dawet akan terasa lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin. Biasanya ditambahkan es batu di dalamnya.

Selain es dawet juga terdapat berbagai macam makanan ringan yang tersedia di stan milik Bu Nunuk ini. Namun yang paling sering dibeli oleh pecinta kuliner adalah sate usus bumbu pedas dan aneka gorengan. Menurut priscillia selaku pengunjung mengatakan bahwa rasa dawet di sini hampir sama kayak yang dawet lainnya. Hanya beda tempatnya yang berada di pasar. Selain itu juga ada gorengan yang pas sambil meminum es dawet.

naskah | foto: herwin widodo